Halaman

Rabu, 03 Oktober 2012

Observasi Kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 117 Jakarta



LEMBAR PENGESAHAN
  Laporan Observasi di SMP Negeri 117 Jakarta, Kecamatan Duren Sawit , Kota Administrasi Jakarta Timur. Adapun tim yang meneliti adalah:
1.      Nama : Aulia Rahman Pane
NIM :
Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2.      Nama :Dina Anggraeni
NIM : 4115101488
Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3.      Nama :Fitria Ning Utami
NIM : 4115101494
Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
4.      Nama : Ririn Kuntarsih
NIM : 4115101487
Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
5.      Nama : Siti Pahriyah
NIM : 411501497
Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
6.      Nama : Wulan Cahya Elviati
NIM : 4115101490
Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
7.      Nama : Yoga Trianggoro
NIM : 4115101493
Program Studi : Pendidikan Pancassila dan Kewarganegaraan
Laporan Ini kami susun untuk memenuhi tugas matakuliah Profesi Pendidikan

Dosen Profesi Pendidikan                                                                 Jakarta, 5 Desember 2011
                                                                                                       Ketua Kelompok


   Drs. Supadi., M.Pd                                                                                      Dina Anggraeni
    NIP                                                                                                               NIM 4115101488
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN.......................................................................................................i
KATA PENGANTAR..............................................................................................................ii
DAFTAR ISI.........................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1    LATAR BELAKANG...............................................................................................1
1.2    TUJUAN OBSERVASI............................................................................................2
1.3    MANFAAT OBSERVASI.........................................................................................2
BAB II LAPORAN HASIL OBSERVASI.....................................................................................3
BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN...................................................................................................14
3.2 SARAN.............................................................................................................14
LAMPIRAN




BAB I
PENDAHULUAN
1.1             LATAR BELAKANG
Guru adalah sosok manusia yang utama dalam dunia pendidikan. Selain itu juga, guru merupakan sosok yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena guru itu mengajarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk peserta didiknya agar peserta didiknya bisa pandai dan bisa menanamkan nilai-nilai karakter yang baik yang telah diajarkan oleh gurunya. Selain itu, guru harus dituntut harus menjadi sosok yang kreatif, profesional dan menyenagkan bagi peserta didik juga guru dituntut untuk bisa menguasai metode-metode pembelajaran dikelas agar dalam mengajar dikelas, peserta didik tidak bosan belajar dan juga guru harus bisa menguasai semua kurikulum, menguasai situasi dan kondisi dikelas sehingga pembelajaran berlangsung secara aktif, inovatif dan menyenangkan.
Pengalaman belajar merupakan hal yang sangat penting untuk mengasah kemampuan, Untuk pengalaman itu kita dapat melihat langsung hal-hal yang terjadi dilapangan.
Oleh karena itu, kami mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Universitas Negeri Jakarta mengadakan kegiatan observasi atau pengamatan kegiatan pembelajaran di kelas ke Sekolah Menegah Atas (SMA) 3 di wilayah Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Melalui kegiatan observasi ini para mahasiswa sebagai calon guru dapat mengetuhi cara mengajar yang baik serta metode-metode dan media apa saja yang dipergunakan di sekolah. Itu semua dapat dijadikan pelajaran untuk menjadi calon guru masa depan.
Beberapa aspek yang menjadi target pengamatan yaitu penguasaan materi pembelajaran, pendekatan/strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran, pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa, penilaian proses dan hasil belajar dan refleksi.




1.2 TUJUAN OBSERVASI
Tujuan observasi yang kami lakukan antara lain :
1.      Mempersiapkan mahasiswa sebagai calon pendidik yang memiliki kemampuan dan bekal yang cukup untuk melakukan pengajaran di sekolah.
2.      Memberi bekal pengalaman belajar bagi para calon guru sesuai dengan keahliannya.
3.      Mengetahui langkah-langkah awal proses pembelajaran yang baik di sekolah
4.      Mengetahui metode-metode apa yang bisa dipakai dalam proses pembelajaran di kelas dan penggunaan media pembelajaran yang cocok untuk di kelas.
1.3 MANFAAT OBSERVASI
Manfaat yang diperoleh dari kegiatan observasi yaitu :
1.      Menambah wawasan kepada mahasiswa sebagai calon pendidik tentang metode-metode penguasaan pembelajaran dikelas dan media yang dipakai untuk proses pembelajaran dikelas.
2.      Sebagai calon pendidik, kita akan mengarahkan peserta didik kita untuk menjadi siswa yang kreatif, inovatif, mitra yang baik untuk kita, dan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang baik agar pendidikan nantinya diarahkan ke pendidikan karakter.
3.      Mengenal lingkungan kerja di sekolah baik itu tugas guru, peran guru, dan tanggung jawab sebagai seoarang guru.
4.      Mengenal karakteristik peserta didik sejak sekarang sebagai bekal menjadi seorang guru.






BAB II
LAPORAN HASIL OBSERVASI
Kegiatan penilaian dengan instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 117 yang beralamat di Jl. Pahlawan Revolusi Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.
 Nama guru-guru yang kami amati  adalah sebagai berikut :
1.    Kelas IX 7
Guru : Ibu Isti
Mata Pelajaran : Matematika
2.    Kelas IX 4
Guru : Marga
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
3.    Kelas IX 5
Guru : Nariah
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
4.    Kelas IX 6
Guru :
Mata Pelajaran : Fisika

Penilaian yang kami lakukan adalah penilaian yang berdasarkan instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran (IPPP) yang berisi indikator-indikator/aspek yang diamati didalam pembelajaran kemudian kami memberikan nilai yang terkecil adalah 1 dan yang terbesar adalah 5 sesuai tertera dalam instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran (IPPP).







Hasil penilaian observasi
A.   Nama Peserta Observasi        : Ibu Anik
Pengamat                                : Agus Setiawan
Mata Pelajaran                       : Matematika
Tabel Hasil Observasi
No
Indikator/aspek yang diminati
Skor
Alasan
I
PRAPEMBELAJARAN


1
Mempersiapkan siswa untuk belajar
3
Guru kurang persiapan dalam awal pembelajaran
2
Melakukan kegiatan apersepsi
3
Guru tidak lakukan pengulangan materi yang terdahulu
II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN


A
Penguasaan materi materi pelajaran


3
Menunjukan penguasaan materi pelajaran
4
guru sudah menguasai materi apa yang akan di berikan
4
Mengaitkan materi dengan ilmu pengetahuan lain yang relevan
4
Pada
5
Menyampaikan materi denga jelas, sesuai dengan hirarki belajar dan karakteristik siswa
5
dalam menyampaikan jelas dan lantang dalam berbicara
6
Mengaikan materi dengan realitas kehidupan
3
Guru kurang kreatif dalam berfikir
B
Pendekatan/strategi pembelajaran


7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa
4
tujuan pembelajaran yang di capai dapat terlaksana ,sesuai dengan karekter siswa
8
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
5
karena dalam penyampaian materi secara sistematis sesuai SK(standar kompetensi)
9
Menguasai kelas
5
karena siswa terfokus terhadap guru dalam memperoleh pengajaran
10
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
5
karena guru menerangkan pembahasan yang bersifat teory dengan penjelasan yang mudah di mengerti
11
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
4
karena guru mengajarkan sifat tolong menolong terhadap siswa yang belum mengerti materi yang di samapaikan
12
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
5
karena guru dapat memaksimalkan waktu se efesien mungkin dalam memberikan materi
C
Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran


13
Menggunakan media secara aktif dan efisien
4
karena guru mengoptimalkan media bujur dan penggaris se efektf mungkin sesuai materi yang di ajarkan
14
Menghasilkan pesan yang menarik
4
karena dalam menyampaikan materi di kemas semanarik mungkin
15
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
3
karena guru terkesan kurang optimalkan media pembelajaran terhadap murid
D
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa


16
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
3
karena siswa cenderung pasif terhadap materi yang di berikan guru
17
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
5
kkarena guru bersifat terbuka pada saat siswa ada yang bertanya dan guru memberikan penjelasan
18
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran
4
karena dalam pembelajaran terkadang di selangi candaancandaan sehingga murid merasa senang
E
Penilaian proses dan hasil belajar


19
Memantau kemajuan belajar selama proses
4
karena guru melakukan evaluasi pelajaran yang terdahulu,apakah siswa nya mengerti
20
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
5
karena pada saat pengambilan nilai ,banyak siswa yang mendapat nilai-nilai bagus
F
Penggunaan bahasa


21
Menggunakan bahasa lisan dan tulis  secara jelas, baik dan benar
5
Cara penyampaian materinya menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas baik dan benar.
22
Menyampaikan pesan dan gaya yang sesuai
5
karena dalam penyampain materi mudah di mengerti siswa
III
PENUTUP


23
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
3
karena setelah selesai pembelajaran guru hanya member tugas saja
24
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remedi/pengayaan
4
karena setelah pembelajaran guru memberikan tugas apa yan sudah di terangkan

Total Skor
86
86:24 = 3,58

Kesimpulan: Dari semua indikator-indikator yang saya amati saya dapat menyimpulkan bahwa guru yang saya amati dalam malakukan pra pembelajaran kurang optimal karena guru langsung merujuk ke materi selanjutnya dengan alasan mengejar target sehingga dalam wakti kegiatan pembelajaran saya melihat tidak semua siswa mengerti apa yang di berikan pada saat guru menerangkan,sehingga dalam proses pembelajaran siswa terlihat pasif dan guru lebih dominan teacher center,tetapi guru yang saya amati mempunyai kemampuan mengusai kelas sehingga siswa yang mendapat pengajaran tidak bosan dengan materi yang di sampaikan.



B.      Nama Pendidik                       : Marga
Pengamat                                : Dina anggraeni
                                                  Siti pahriyah
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
No
Indikator/aspek yang diminati
Skor
Alasan
I
PRAPEMBELAJARAN


1
Mempersiapkan siswa untuk belajar
5
Dengan melakukan doa sebelum memulai pembelajaran
2
Melakukan kegiatan apersepsi
4
Guru mengulang materi minggu lalu
II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN


A
Penguasaan materi materi pelajaran


3
Menunjukan penguasaan materi pelajaran
5
Guru menguasai materi dan menerangkannya dengan jelas kepada peserta didik
4
Mengaitkan materi dengan ilmu pengetahuan lain yang relevan
5
Selain menerangkan materi yang ada dalam buku, guru juga menyangkutpautkan dengan aspek sosial, politik, dll
5
Menyampaikan materi denga jelas, sesuai dengan hirarki belajar dan karakteristik siswa
3
Guru menyampaikan materi dengan bahasa yang lugas, namun masih ada perkataan yang kurang dimengerti
6
Mengaikan materi dengan realitas kehidupan
5
Guru memberikan contoh dari materi dengan realita kehidupan sehari-hari siswa
B
Pendekatan/strategi pembelajaran


7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa
3
Guru tidak terlalu menyampaikan materi secara interpersonal
8
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
4
Sudah sesuai arahan dalam SK
9
Menguasai kelas
5
Semua siswa memperhatikan guru
10
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
5
Guru menugaskan siswa untuk mempraktikkan materi di depan kelas
11
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
5
Karena guru telah berhasil menanamkan siswa untuk tertarik membaca buku
12
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
3
Guru kurang bisa mengalokasikan waktu
C
Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran


13
Menggunakan media secara aktif dan efisien
3
Guru sudah menggunakan media IT, namun tidak menggunakan media non IT
14
Menghasilkan pesan yang menarik
2
Guru hanya mengomentari siswa yang maju namun tidak menyampaikan pesan dari apa yang disampaikan siswa
15
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
5
Cukup baik dengan memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan media IT karena pada saat maju
D
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa


16
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
5
Baik dengan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengapresiasikan buku yang dibaca
17
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
2
Guru tidak memberi kesempatan siswa untuk bertanya 
18
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran
4
Guru mampu membangkitkan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran
E
Penilaian proses dan hasil belajar


19
Memantau kemajuan belajar selama proses
5
Guru memantau siswa satu persatu
20
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
5
Dengan memberikan penilaian kepada siswa ketika mempresentasikan tugas
F
Penggunaan bahasa


21
Menggunakan bahasa lisan dan tulis  secara jelas, baik dan benar
3
Sudah baik menggunakan tutur kata dan penggunaan bahasa namun masih ada kata-kata yang ambigu
22
Menyampaikan pesan dan gaya yang sesuai
2
Tidak ada pesan yang disampaikan secara implisit
III
PENUTUP


23
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1
Tidak ada kesimpulan yang disampaikan
24
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remedi/pengayaan
5
Kerena diakhir pertemuan guru tersebut memberiakan tugas akhir kepada siswa.

Total Skor
90
90:24=3,75

KESIMPULAN : Setelah kami mengamati proses pembelajaran di kelas IX-4, kami bisa menyimpulkan bahwa sistem pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas tersebut sudah cukup baik dan menarik. Dari pra pembelajaran yang diawali dengan pembacaan doa, proses pembelajarannya dengan melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan tugas yang telah diberikan satu persatu, serta respon siswa yang begitu antusias untuk maju. Namun terdapat beberapa kekurangan diantaranya bahasa yang disampaikan ada beberapa yang ambigu, serta kurang bisa mengalokasikan dengan baik.


C.      Nama Pendidik                       : Sense Siti Nasromlah
Pengamat                                : Asepudin
Mata Pelajaran                       : Bahasa Jepang
No
Indikator/aspek yang diminati
Skor
Alasan
I
PRAPEMBELAJARAN


1
Mempersiapkan siswa untuk belajar
3
Dengan melakukan doa sebelum memulai belajar
2
Melakukan kegiatan apersepsi
4
Dengan mengulang materi yang terdahulu.
II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN


A
Penguasaan materi materi pelajaran


3
Menunjukan penguasaan materi pelajaran
5
Disini guru sangat menunjukkan penguasaan materinya dalam pembelajaran.
4
Mengaitkan materi dengan ilmu pengetahuan lain yang relevan
4
Pada
5
Menyampaikan materi denga jelas, sesuai dengan hirarki belajar dan karakteristik siswa
4
Cara penyampaiannya pun sangat jelas dan membuat siswa semangat untuk belajar
6
Mengaikan materi dengan realitas kehidupan
4

B
Pendekatan/strategi pembelajaran


7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa
5
Pelaksanaan pembelajarannya sesuai dengan tujuan yang akan dicapai bagi para siswanya.
8
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
4

9
Menguasai kelas
4
Didalam kelas seorang guru tersebut dapat menguasai kelas
10
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
4

11
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
5
Dengan cara pembelajaran yang profesional dan mengasyikkan, maka akan tumbuh lah kebiasaan yang positif.
12
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
5
Dalam paleksanaan pembelajarannya tepat waktu sesuai dengan alokasi waktu
C
Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran


13
Menggunakan media secara aktif dan efisien
3
Walaupun dikelas ini ada beberapa media, namum guru tidak menggunakannya dalam pembelajaran.
14
Menghasilkan pesan yang menarik
4

15
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
3
Siswa tidak terlibat dalam pemanfaatan media yang tersedia dikarenakan materi yang disampaikan bersifat teori.
D
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa


16
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
5
Dengan pelaksanaan pembelajaran yang asyik maka Didalam kelas ini siswa sangat berpartisipasi dalam pembelajaran
17
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
5
Guru tersebut begitu terbuka terhadap siswanya, ketika ada siswa yang mau tanya, atau 
18
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran
5
Siswa yang aktif dan guru yang profesianal, maka terciptalah suasana kelas yang begitu harmonis dan menghasilkan keceriaan pada semua pihak.
E
Penilaian proses dan hasil belajar


19
Memantau kemajuan belajar selama proses
4
Disini guru selalu memantau dalam proses kemajuan belajar siswa dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
20
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
4
Diakhir pembelajaran guru tersebut melakukan penilaian akhir setelah siswa diberi tugas.
F
Penggunaan bahasa


21
Menggunakan bahasa lisan dan tulis  secara jelas, baik dan benar
4
Cara penyampaian materinya menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas baik dan benar.
22
Menyampaikan pesan dan gaya yang sesuai
4
Cara penyampaian pesannya pun pas dengan pesan dan gaya yang sesuai.
III
PENUTUP


23
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
4
Sebelum pelaksanaan pembelajaran selesai, guru itu melakukan refleksi dengan melibatkan siswa.
24
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remedi/pengayaan
4
Kerena diakhir pertemuan guru tersebut memberiakan tugas akhir kepada siswa

Total Skor
96
96:24 = 4

KESIMPULAN: dalam proses pelaksanaan pembelajaran di kelas 12 ipa 2 tersebut saya menilai bahwa kegiatan pembelajaran dikelas tersebut sangat baik. Guru bisa membuat suasana kelas menjadi terkondisikan, siswa pun ,menjadi aktif dengan penyampaian materi yang mudah diterima oleh murid-muridnya.









D.     Nama Pendidik                       :  Miss. Yuni astuti S.pd
Pengamat                                : Nizom Mahdi
Mata Pelajaran                       : Bahasa Inggris
No
Indikator/aspek yang diminati
Skor
Alasan
I
PRAPEMBELAJARAN


1
Mempersiapkan siswa untuk belajar
3
Berjalan cukup baik,dan memeriksa kerapihan pakaian muridnya.
2
Melakukan kegiatan apersepsi
3
Mampu melaksanakan dengan cukup baik
II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN


A
Penguasaan materi materi pelajaran


3
Menunjukan penguasaan materi pelajaran
3
Disini guru  penguasaan materinya dalam pembelajaran berjalan dengan  baik
4
Mengaitkan materi dengan ilmu pengetahuan lain yang relevan
2
Disini guru tidak mengaitkan dengan ilimu pengetahuan lain yang relevan
5
Menyampaikan materi denga jelas, sesuai dengan hirarki belajar dan karakteristik siswa
3
Cara penyampaiannya pun sangat jelas dan membuat siswa semangat untuk belajar
6
Mengaikan materi dengan realitas kehidupan
2
Tidak adanya mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
B
Pendekatan/strategi pembelajaran


7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa
3
Pelaksanaan kurang sesuia dengan kompetensi
8
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
3
Pelaksanaan pembelajaran secara runtut berjalan dengan cukukup baik, perlu ditingkatkan lagi
9
Menguasai kelas
4
80 % menguasai kelas
10
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
2
Kurang baik
11
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
4
Guru menerapkan sikap positif kepada siswa
12
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
3
Kurang mengalokasikan waktu dengan baik
C
Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran


13
Menggunakan media secara aktif dan efisien
3
Kurangnya media yang dipakai sehingga terlalu monoton
14
Menghasilkan pesan yang menarik
4
Guru menyampaikan pesan yang menarik dan baik
15
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
3
 Aktif dalam melibatkan siswa
D
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa


16
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
3
Aktif dalam menumbuhkan partisipasi siswa
17
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
3
Kurangnya sikap terbuka terhadap respons siswa
18
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran
2
Tidak adanya kecerian dalam kelas
E
Penilaian proses dan hasil belajar


19
Memantau kemajuan belajar selama proses
3
Disini guru memantau  belajar cukup baik
20
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
2
 Tidak adanya penilaian akhir
F
Penggunaan bahasa


21
Menggunakan bahasa lisan dan tulis  secara jelas, baik dan benar
3
Cukup baik
22
Menyampaikan pesan dan gaya yang sesuai
3
Cara penyampaian pesannya pun pas dengan pesan dan gaya yang sesuai  cukup baik
III
PENUTUP


23
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
3
Tidak adanya refleksi
24
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remedi/pengayaan
3
Tidak adanya tindak lanjut  dari pembelajaran

Total Skor
70
70 : 24 = 2,91

KESIMPULAN: Dari semua indiukator penilaian,guru dapat menguasai materi namun ada kekurangan dari media sehingga pembelajaran monoton dan garing, guru pun dapat menguasai kelas sehingga kelas menjadi nyaman.












E.      Nama Pendidik                       : Ibu Yayas
Pengamat                                : Nico Efriza Malplin
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
No
Indikator/aspek yang diminati
Skor
Alasan
I
PRAPEMBELAJARAN


1
Mempersiapkan siswa untuk belajar
4
absen, menertibkan siswa
2
Melakukan kegiatan apersepsi
4
Mengulang materi sebelumnya, bertanya kepada siswa secara langsung
II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN


A
Penguasaan materi materi pelajaran


3
Menunjukan penguasaan materi pelajaran
4
Mengajar lancar, (tanpa membaca ketika sedang mengajar)
4
Mengaitkan materi dengan ilmu pengetahuan lain yang relevan
3
Mengaitkan dengan beberapa kata/istilah politik, dll
5
Menyampaikan materi denga jelas, sesuai dengan hirarki belajar dan karakteristik siswa
4
Jelas
6
Mengaikan materi dengan realitas kehidupan
5
Banyak permisalan, penganalogian dengan kehidupan nyata (dalam mengajar)
B
Pendekatan/strategi pembelajaran


7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa
5
Sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam RPP
8
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
5
Sistematis dalam mengajar
9
Menguasai kelas
3
Mampu menarik perhatian siswa namun masih banyak siswa yang gaduh
10
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
4

11
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
5
Mengapresiasi siswa yang cerdas dan berani, mengajak siswa untuk berani dan mau menghargai
12
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
4
Terlambat 10 menit, lebih cepat 3 menit
C
Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran


13
Menggunakan media secara aktif dan efisien
2
Hanya menggunakan media tulis (spidol, papan tulis)
14
Menghasilkan pesan yang menarik
2
Kurang menarik karena hanya media tulisan
15
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
2
Ya, melibatkan siswa menulis sendiri didepan kelas
D
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa


16
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
4
Memberikan kesempatan siswa berkreasi, menjawab soal, maju dll
17
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
4
Menanggapi respon siswa dengan baik
18
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran
4
Mampu membuat siswa antusias dalam belajar
E
Penilaian proses dan hasil belajar


19
Memantau kemajuan belajar selama proses
5
Memberikan penilaian dengan tes ditengah kegiatan pembelajaran (bertanya kepada siswa selama belajar)
20
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
5
Memeriksa hasil post tes siswa
F
Penggunaan bahasa


21
Menggunakan bahasa lisan dan tulis  secara jelas, baik dan benar
5
Bahasa tulis dan lisan, sopan, lembut, dan baik
22
Menyampaikan pesan dan gaya yang sesuai
4
Menyemangatkan pesan-pesan tetapi hanya pada salah satu siswa.
III
PENUTUP


23
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
4
Menyimpulkan (melibatkan siswa dalam penyimpulan)
24
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remedi/pengayaan
1
Tidak dilakukan

Total Skor
95
95 : 24 = 3,95

KESIMPULAN : saya bisa menyimpulkan bahwa pembelajaran dikelas XI IPS 2 bahwa guru telah melakukan semua indikator-indikator untuk bisa memenuhi guru yang profesional namun guru masih perlu adakan review atau tugas lebih lanjut kepada siswa agar siswa bisa belajar mandiri.







BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
kesimpulan dari laporan ini adalah :
1.      Guru harus dituntut harus menjadi sosok yang kreatif, profesional dan menyenagkan bagi peserta didik juga guru dituntut untuk bisa menguasai metode-metode pembelajaran dikelas agar dalam mengajar dikelas, peserta didik tidak bosan belajar dan juga guru harus bisa menguasai semua kurikulum, menguasai situasi dan kondisi dikelas sehingga pembelajaran berlangsung secara aktif, inovatif dan menyenangkan.
2.      Dalam hasil observasi yang kelompok kami lakukan ke SMA Negeri 3 Tambun Selatan ternyata menunjukkan bahwa sistem pengajaran yang dilakukan oleh guru-guru di SMA Negeri 3 Tambun Selatan sudah mengarah pembelajaran yang baik, guru sudah bisa menguasai seluruh materi yang ada, menguasai kelas sehingga peserta didik dikelas sangat antusias untuk mau belajar mandiri walaupun masih aja guru yang belum memanfaatkan media pembelajaran yang baik.

3.2 SARAN
Saran dari kami adalah:
1.      Guru-guru sekarang ini haruslah bisa memanajemenkan kelas yang baik agar guru mampu bisa menguasai kelas dengan baik dan bisa memahami karakter-karakter peserta didik yang dia ajarkan dikelas
2.      Guru-guru sekarang haruslah bisa menguasai model-model pembelajaran yang baik agar kegiatan penyampai materi dikelas lebih baik lagi dan mengarahkan peserta didik dikelas untuk bisa mau tampil berbicara dikelas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar