LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Observasi di SMP Negeri 117 Jakarta,
Kecamatan Duren Sawit , Kota Administrasi Jakarta Timur. Adapun tim yang
meneliti adalah:
1. Nama : Aulia Rahman Pane
NIM :
Program Studi :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2. Nama :Dina Anggraeni
NIM : 4115101488
Program Studi :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Nama :Fitria Ning Utami
NIM : 4115101494
Program Studi :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
4. Nama : Ririn Kuntarsih
NIM : 4115101487
Program Studi :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
5. Nama : Siti Pahriyah
NIM : 411501497
Program Studi :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
6. Nama : Wulan Cahya Elviati
NIM : 4115101490
Program Studi :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
7. Nama : Yoga Trianggoro
NIM : 4115101493
Program Studi :
Pendidikan Pancassila dan Kewarganegaraan
Laporan Ini kami susun untuk memenuhi
tugas matakuliah Profesi Pendidikan
Dosen
Profesi Pendidikan Jakarta, 5 Desember 2011
Ketua Kelompok
Drs. Supadi., M.Pd Dina
Anggraeni
NIP NIM 4115101488
DAFTAR
ISI
LEMBAR
PENGESAHAN.......................................................................................................i
KATA
PENGANTAR..............................................................................................................ii
DAFTAR
ISI.........................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG...............................................................................................1
1.2 TUJUAN
OBSERVASI............................................................................................2
1.3 MANFAAT
OBSERVASI.........................................................................................2
BAB II LAPORAN HASIL
OBSERVASI.....................................................................................3
BAB III PENUTUP
3.1
KESIMPULAN...................................................................................................14
3.2
SARAN.............................................................................................................14
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Guru adalah sosok manusia yang utama dalam dunia
pendidikan. Selain itu juga, guru merupakan sosok yang sangat penting bagi
kehidupan manusia karena guru itu mengajarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk
peserta didiknya agar peserta didiknya bisa pandai dan bisa menanamkan
nilai-nilai karakter yang baik yang telah diajarkan oleh gurunya. Selain itu,
guru harus dituntut harus menjadi sosok yang kreatif, profesional dan
menyenagkan bagi peserta didik juga guru dituntut untuk bisa menguasai
metode-metode pembelajaran dikelas agar dalam mengajar dikelas, peserta didik
tidak bosan belajar dan juga guru harus bisa menguasai semua kurikulum,
menguasai situasi dan kondisi dikelas sehingga pembelajaran berlangsung secara
aktif, inovatif dan menyenangkan.
Pengalaman belajar merupakan hal yang sangat penting
untuk mengasah kemampuan, Untuk pengalaman itu kita dapat melihat langsung
hal-hal yang terjadi dilapangan.
Oleh karena itu, kami mahasiswa dari Program Studi
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Universitas Negeri Jakarta
mengadakan kegiatan observasi atau pengamatan kegiatan pembelajaran di kelas ke
Sekolah Menegah Atas (SMA) 3 di wilayah Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten
Bekasi. Melalui kegiatan observasi ini para mahasiswa sebagai calon guru dapat
mengetuhi cara mengajar yang baik serta metode-metode dan media apa saja yang
dipergunakan di sekolah. Itu semua dapat dijadikan pelajaran untuk menjadi
calon guru masa depan.
Beberapa aspek yang menjadi target pengamatan yaitu penguasaan
materi pembelajaran, pendekatan/strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber
belajar/media pembelajaran, pembelajaran yang memicu dan memelihara
keterlibatan siswa, penilaian proses dan hasil belajar dan refleksi.
1.2 TUJUAN OBSERVASI
Tujuan
observasi yang kami lakukan antara lain :
1.
Mempersiapkan
mahasiswa sebagai calon pendidik yang memiliki kemampuan dan bekal yang cukup
untuk melakukan pengajaran di sekolah.
2.
Memberi
bekal pengalaman belajar bagi para calon guru sesuai dengan keahliannya.
3.
Mengetahui
langkah-langkah awal proses pembelajaran yang baik di sekolah
4.
Mengetahui
metode-metode apa yang bisa dipakai dalam proses pembelajaran di kelas dan
penggunaan media pembelajaran yang cocok untuk di kelas.
1.3 MANFAAT OBSERVASI
Manfaat
yang diperoleh dari kegiatan observasi yaitu :
1.
Menambah
wawasan kepada mahasiswa sebagai calon pendidik tentang metode-metode
penguasaan pembelajaran dikelas dan media yang dipakai untuk proses
pembelajaran dikelas.
2.
Sebagai
calon pendidik, kita akan mengarahkan peserta didik kita untuk menjadi siswa
yang kreatif, inovatif, mitra yang baik untuk kita, dan menanamkan nilai-nilai
kehidupan yang baik agar pendidikan nantinya diarahkan ke pendidikan karakter.
3.
Mengenal
lingkungan kerja di sekolah baik itu tugas guru, peran guru, dan tanggung jawab
sebagai seoarang guru.
4.
Mengenal
karakteristik peserta didik sejak sekarang sebagai bekal menjadi seorang guru.
BAB II
LAPORAN HASIL OBSERVASI
Kegiatan penilaian dengan instrumen penilaian pelaksanaan
pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 117 yang beralamat di Jl. Pahlawan
Revolusi Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.
Nama guru-guru yang
kami amati adalah sebagai berikut :
1. Kelas IX 7
Guru : Ibu Isti
Mata Pelajaran : Matematika
2. Kelas IX 4
Guru : Marga
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
3. Kelas IX 5
Guru : Nariah
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
4. Kelas IX 6
Guru :
Mata Pelajaran : Fisika
Penilaian yang kami lakukan adalah penilaian yang berdasarkan
instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran (IPPP) yang berisi
indikator-indikator/aspek yang diamati didalam pembelajaran kemudian kami
memberikan nilai yang terkecil adalah 1 dan yang terbesar adalah 5 sesuai
tertera dalam instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran (IPPP).
Hasil penilaian observasi
A. Nama Peserta
Observasi : Ibu Anik
Pengamat :
Agus Setiawan
Mata Pelajaran :
Matematika
Tabel Hasil Observasi
No
|
Indikator/aspek yang diminati
|
Skor
|
Alasan
|
I
|
PRAPEMBELAJARAN
|
||
1
|
Mempersiapkan
siswa untuk belajar
|
3
|
Guru
kurang persiapan dalam awal pembelajaran
|
2
|
Melakukan
kegiatan apersepsi
|
3
|
Guru
tidak lakukan pengulangan materi yang terdahulu
|
II
|
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
|
||
A
|
Penguasaan materi materi pelajaran
|
||
3
|
Menunjukan
penguasaan materi pelajaran
|
4
|
guru
sudah menguasai materi apa yang akan di berikan
|
4
|
Mengaitkan
materi dengan ilmu pengetahuan lain yang relevan
|
4
|
Pada
|
5
|
Menyampaikan
materi denga jelas, sesuai dengan hirarki belajar dan karakteristik siswa
|
5
|
dalam
menyampaikan jelas dan lantang dalam berbicara
|
6
|
Mengaikan
materi dengan realitas kehidupan
|
3
|
Guru
kurang kreatif dalam berfikir
|
B
|
Pendekatan/strategi pembelajaran
|
||
7
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan
karakteristik siswa
|
4
|
tujuan
pembelajaran yang di capai dapat terlaksana ,sesuai dengan karekter siswa
|
8
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
5
|
karena
dalam penyampaian materi secara sistematis sesuai SK(standar kompetensi)
|
9
|
Menguasai
kelas
|
5
|
karena
siswa terfokus terhadap guru dalam memperoleh pengajaran
|
10
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
5
|
karena
guru menerangkan pembahasan yang bersifat teory dengan penjelasan yang mudah
di mengerti
|
11
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
4
|
karena
guru mengajarkan sifat tolong menolong terhadap siswa yang belum mengerti
materi yang di samapaikan
|
12
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
5
|
karena
guru dapat memaksimalkan waktu se efesien mungkin dalam memberikan materi
|
C
|
Pemanfaatan sumber belajar/media
pembelajaran
|
||
13
|
Menggunakan
media secara aktif dan efisien
|
4
|
karena
guru mengoptimalkan media bujur dan penggaris se efektf mungkin sesuai materi
yang di ajarkan
|
14
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
4
|
karena
dalam menyampaikan materi di kemas semanarik mungkin
|
15
|
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media
|
3
|
karena
guru terkesan kurang optimalkan media pembelajaran terhadap murid
|
D
|
Pembelajaran yang memicu dan memelihara
keterlibatan siswa
|
||
16
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
3
|
karena
siswa cenderung pasif terhadap materi yang di berikan guru
|
17
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respon siswa
|
5
|
kkarena
guru bersifat terbuka pada saat siswa ada yang bertanya dan guru memberikan
penjelasan
|
18
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran
|
4
|
karena
dalam pembelajaran terkadang di selangi candaancandaan sehingga murid merasa
senang
|
E
|
Penilaian proses dan hasil belajar
|
||
19
|
Memantau
kemajuan belajar selama proses
|
4
|
karena
guru melakukan evaluasi pelajaran yang terdahulu,apakah siswa nya mengerti
|
20
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
5
|
karena
pada saat pengambilan nilai ,banyak siswa yang mendapat nilai-nilai bagus
|
F
|
Penggunaan bahasa
|
||
21
|
Menggunakan
bahasa lisan dan tulis secara jelas,
baik dan benar
|
5
|
Cara
penyampaian materinya menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas baik
dan benar.
|
22
|
Menyampaikan
pesan dan gaya yang sesuai
|
5
|
karena
dalam penyampain materi mudah di mengerti siswa
|
III
|
PENUTUP
|
||
23
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
3
|
karena
setelah selesai pembelajaran guru hanya member tugas saja
|
24
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai
bagian remedi/pengayaan
|
4
|
karena
setelah pembelajaran guru memberikan tugas apa yan sudah di terangkan
|
Total Skor
|
86
|
86:24 = 3,58
|
Kesimpulan: Dari semua indikator-indikator yang
saya amati saya dapat menyimpulkan bahwa guru yang saya amati dalam malakukan
pra pembelajaran kurang optimal karena guru langsung merujuk ke materi
selanjutnya dengan alasan mengejar target sehingga dalam wakti kegiatan
pembelajaran saya melihat tidak semua siswa mengerti apa yang di berikan pada
saat guru menerangkan,sehingga dalam proses pembelajaran siswa terlihat pasif
dan guru lebih dominan teacher center,tetapi guru yang saya amati mempunyai
kemampuan mengusai kelas sehingga siswa yang mendapat pengajaran tidak bosan
dengan materi yang di sampaikan.
B. Nama Pendidik : Marga
Pengamat :
Dina anggraeni
Siti pahriyah
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
No
|
Indikator/aspek yang diminati
|
Skor
|
Alasan
|
I
|
PRAPEMBELAJARAN
|
||
1
|
Mempersiapkan
siswa untuk belajar
|
5
|
Dengan
melakukan doa sebelum memulai pembelajaran
|
2
|
Melakukan
kegiatan apersepsi
|
4
|
Guru
mengulang materi minggu lalu
|
II
|
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
|
||
A
|
Penguasaan materi materi pelajaran
|
||
3
|
Menunjukan
penguasaan materi pelajaran
|
5
|
Guru
menguasai materi dan menerangkannya dengan jelas kepada peserta didik
|
4
|
Mengaitkan
materi dengan ilmu pengetahuan lain yang relevan
|
5
|
Selain
menerangkan materi yang ada dalam buku, guru juga menyangkutpautkan dengan
aspek sosial, politik, dll
|
5
|
Menyampaikan
materi denga jelas, sesuai dengan hirarki belajar dan karakteristik siswa
|
3
|
Guru
menyampaikan materi dengan bahasa yang lugas, namun masih ada perkataan yang
kurang dimengerti
|
6
|
Mengaikan
materi dengan realitas kehidupan
|
5
|
Guru
memberikan contoh dari materi dengan realita kehidupan sehari-hari siswa
|
B
|
Pendekatan/strategi pembelajaran
|
||
7
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan
karakteristik siswa
|
3
|
Guru
tidak terlalu menyampaikan materi secara interpersonal
|
8
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
4
|
Sudah
sesuai arahan dalam SK
|
9
|
Menguasai
kelas
|
5
|
Semua
siswa memperhatikan guru
|
10
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
5
|
Guru
menugaskan siswa untuk mempraktikkan materi di depan kelas
|
11
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
5
|
Karena
guru telah berhasil menanamkan siswa untuk tertarik membaca buku
|
12
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
3
|
Guru
kurang bisa mengalokasikan waktu
|
C
|
Pemanfaatan sumber belajar/media
pembelajaran
|
||
13
|
Menggunakan
media secara aktif dan efisien
|
3
|
Guru
sudah menggunakan media IT, namun tidak menggunakan media non IT
|
14
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
2
|
Guru
hanya mengomentari siswa yang maju namun tidak menyampaikan pesan dari apa
yang disampaikan siswa
|
15
|
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media
|
5
|
Cukup
baik dengan memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan media IT karena
pada saat maju
|
D
|
Pembelajaran yang memicu dan memelihara
keterlibatan siswa
|
||
16
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
5
|
Baik
dengan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengapresiasikan buku yang
dibaca
|
17
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respon siswa
|
2
|
Guru
tidak memberi kesempatan siswa untuk bertanya
|
18
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran
|
4
|
Guru
mampu membangkitkan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran
|
E
|
Penilaian proses dan hasil belajar
|
||
19
|
Memantau
kemajuan belajar selama proses
|
5
|
Guru
memantau siswa satu persatu
|
20
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
5
|
Dengan
memberikan penilaian kepada siswa ketika mempresentasikan tugas
|
F
|
Penggunaan bahasa
|
||
21
|
Menggunakan
bahasa lisan dan tulis secara jelas,
baik dan benar
|
3
|
Sudah baik menggunakan tutur kata dan penggunaan bahasa namun
masih ada kata-kata yang ambigu
|
22
|
Menyampaikan
pesan dan gaya yang sesuai
|
2
|
Tidak ada pesan yang disampaikan secara implisit
|
III
|
PENUTUP
|
||
23
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
1
|
Tidak ada kesimpulan yang disampaikan
|
24
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai
bagian remedi/pengayaan
|
5
|
Kerena diakhir pertemuan guru tersebut memberiakan tugas akhir
kepada siswa.
|
Total Skor
|
90
|
90:24=3,75
|
KESIMPULAN : Setelah kami mengamati proses
pembelajaran di kelas IX-4, kami bisa menyimpulkan bahwa sistem pembelajaran yang
dilakukan oleh guru di kelas tersebut sudah cukup baik dan menarik. Dari pra
pembelajaran yang diawali dengan pembacaan doa, proses pembelajarannya dengan melibatkan
siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran yaitu memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan tugas yang telah diberikan satu
persatu, serta respon siswa yang begitu antusias untuk maju. Namun terdapat
beberapa kekurangan diantaranya bahasa yang disampaikan ada beberapa yang
ambigu, serta kurang bisa mengalokasikan dengan baik.
C. Nama Pendidik : Sense
Siti Nasromlah
Pengamat :
Asepudin
Mata Pelajaran :
Bahasa Jepang
No
|
Indikator/aspek yang diminati
|
Skor
|
Alasan
|
I
|
PRAPEMBELAJARAN
|
||
1
|
Mempersiapkan
siswa untuk belajar
|
3
|
Dengan
melakukan doa sebelum memulai belajar
|
2
|
Melakukan
kegiatan apersepsi
|
4
|
Dengan
mengulang materi yang terdahulu.
|
II
|
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
|
||
A
|
Penguasaan materi materi pelajaran
|
||
3
|
Menunjukan
penguasaan materi pelajaran
|
5
|
Disini
guru sangat menunjukkan penguasaan materinya dalam pembelajaran.
|
4
|
Mengaitkan
materi dengan ilmu pengetahuan lain yang relevan
|
4
|
Pada
|
5
|
Menyampaikan
materi denga jelas, sesuai dengan hirarki belajar dan karakteristik siswa
|
4
|
Cara
penyampaiannya pun sangat jelas dan membuat siswa semangat untuk belajar
|
6
|
Mengaikan
materi dengan realitas kehidupan
|
4
|
|
B
|
Pendekatan/strategi pembelajaran
|
||
7
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan
karakteristik siswa
|
5
|
Pelaksanaan
pembelajarannya sesuai dengan tujuan yang akan dicapai bagi para siswanya.
|
8
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
4
|
|
9
|
Menguasai
kelas
|
4
|
Didalam
kelas seorang guru tersebut dapat menguasai kelas
|
10
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
4
|
|
11
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
5
|
Dengan
cara pembelajaran yang profesional dan mengasyikkan, maka akan tumbuh lah
kebiasaan yang positif.
|
12
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
5
|
Dalam
paleksanaan pembelajarannya tepat waktu sesuai dengan alokasi waktu
|
C
|
Pemanfaatan sumber belajar/media
pembelajaran
|
||
13
|
Menggunakan
media secara aktif dan efisien
|
3
|
Walaupun
dikelas ini ada beberapa media, namum guru tidak menggunakannya dalam
pembelajaran.
|
14
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
4
|
|
15
|
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media
|
3
|
Siswa
tidak terlibat dalam pemanfaatan media yang tersedia dikarenakan materi yang
disampaikan bersifat teori.
|
D
|
Pembelajaran yang memicu dan memelihara
keterlibatan siswa
|
||
16
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
5
|
Dengan
pelaksanaan pembelajaran yang asyik maka Didalam kelas ini siswa sangat
berpartisipasi dalam pembelajaran
|
17
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respon siswa
|
5
|
Guru
tersebut begitu terbuka terhadap siswanya, ketika ada siswa yang mau tanya,
atau
|
18
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran
|
5
|
Siswa
yang aktif dan guru yang profesianal, maka terciptalah suasana kelas yang
begitu harmonis dan menghasilkan keceriaan pada semua pihak.
|
E
|
Penilaian proses dan hasil belajar
|
||
19
|
Memantau
kemajuan belajar selama proses
|
4
|
Disini
guru selalu memantau dalam proses kemajuan belajar siswa dengan memberi
kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
|
20
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
4
|
Diakhir
pembelajaran guru tersebut melakukan penilaian akhir setelah siswa diberi
tugas.
|
F
|
Penggunaan bahasa
|
||
21
|
Menggunakan
bahasa lisan dan tulis secara jelas,
baik dan benar
|
4
|
Cara
penyampaian materinya menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas baik
dan benar.
|
22
|
Menyampaikan
pesan dan gaya yang sesuai
|
4
|
Cara
penyampaian pesannya pun pas dengan pesan dan gaya yang sesuai.
|
III
|
PENUTUP
|
||
23
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
4
|
Sebelum
pelaksanaan pembelajaran selesai, guru itu melakukan refleksi dengan
melibatkan siswa.
|
24
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai
bagian remedi/pengayaan
|
4
|
Kerena
diakhir pertemuan guru tersebut memberiakan tugas akhir kepada siswa
|
Total Skor
|
96
|
96:24 = 4
|
KESIMPULAN: dalam proses pelaksanaan
pembelajaran di kelas 12 ipa 2 tersebut saya menilai bahwa kegiatan
pembelajaran dikelas tersebut sangat baik. Guru bisa membuat suasana kelas
menjadi terkondisikan, siswa pun ,menjadi aktif dengan penyampaian materi yang
mudah diterima oleh murid-muridnya.
D. Nama Pendidik : Miss. Yuni astuti S.pd
Pengamat :
Nizom Mahdi
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
No
|
Indikator/aspek yang diminati
|
Skor
|
Alasan
|
I
|
PRAPEMBELAJARAN
|
||
1
|
Mempersiapkan
siswa untuk belajar
|
3
|
Berjalan
cukup baik,dan memeriksa kerapihan pakaian muridnya.
|
2
|
Melakukan
kegiatan apersepsi
|
3
|
Mampu
melaksanakan dengan cukup baik
|
II
|
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
|
||
A
|
Penguasaan materi materi pelajaran
|
||
3
|
Menunjukan
penguasaan materi pelajaran
|
3
|
Disini
guru penguasaan materinya dalam
pembelajaran berjalan dengan baik
|
4
|
Mengaitkan
materi dengan ilmu pengetahuan lain yang relevan
|
2
|
Disini
guru tidak mengaitkan dengan ilimu pengetahuan lain yang relevan
|
5
|
Menyampaikan
materi denga jelas, sesuai dengan hirarki belajar dan karakteristik siswa
|
3
|
Cara
penyampaiannya pun sangat jelas dan membuat siswa semangat untuk belajar
|
6
|
Mengaikan
materi dengan realitas kehidupan
|
2
|
Tidak
adanya mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
|
B
|
Pendekatan/strategi pembelajaran
|
||
7
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan
karakteristik siswa
|
3
|
Pelaksanaan
kurang sesuia dengan kompetensi
|
8
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
3
|
Pelaksanaan
pembelajaran secara runtut berjalan dengan cukukup baik, perlu ditingkatkan
lagi
|
9
|
Menguasai
kelas
|
4
|
80 %
menguasai kelas
|
10
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
2
|
Kurang
baik
|
11
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
4
|
Guru
menerapkan sikap positif kepada siswa
|
12
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
3
|
Kurang
mengalokasikan waktu dengan baik
|
C
|
Pemanfaatan sumber belajar/media
pembelajaran
|
||
13
|
Menggunakan
media secara aktif dan efisien
|
3
|
Kurangnya
media yang dipakai sehingga terlalu monoton
|
14
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
4
|
Guru
menyampaikan pesan yang menarik dan baik
|
15
|
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media
|
3
|
Aktif dalam melibatkan siswa
|
D
|
Pembelajaran yang memicu dan memelihara
keterlibatan siswa
|
||
16
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
3
|
Aktif
dalam menumbuhkan partisipasi siswa
|
17
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respon siswa
|
3
|
Kurangnya
sikap terbuka terhadap respons siswa
|
18
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran
|
2
|
Tidak
adanya kecerian dalam kelas
|
E
|
Penilaian proses dan hasil belajar
|
||
19
|
Memantau
kemajuan belajar selama proses
|
3
|
Disini
guru memantau belajar cukup baik
|
20
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
2
|
Tidak adanya penilaian akhir
|
F
|
Penggunaan bahasa
|
||
21
|
Menggunakan
bahasa lisan dan tulis secara jelas,
baik dan benar
|
3
|
Cukup
baik
|
22
|
Menyampaikan
pesan dan gaya yang sesuai
|
3
|
Cara
penyampaian pesannya pun pas dengan pesan dan gaya yang sesuai cukup baik
|
III
|
PENUTUP
|
||
23
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
3
|
Tidak
adanya refleksi
|
24
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai
bagian remedi/pengayaan
|
3
|
Tidak
adanya tindak lanjut dari pembelajaran
|
Total Skor
|
70
|
70 : 24 = 2,91
|
KESIMPULAN: Dari semua indiukator
penilaian,guru dapat menguasai materi namun ada kekurangan dari media sehingga
pembelajaran monoton dan garing, guru pun dapat menguasai kelas sehingga kelas
menjadi nyaman.
E. Nama Pendidik : Ibu Yayas
Pengamat :
Nico Efriza Malplin
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
No
|
Indikator/aspek yang diminati
|
Skor
|
Alasan
|
I
|
PRAPEMBELAJARAN
|
||
1
|
Mempersiapkan siswa untuk belajar
|
4
|
absen, menertibkan siswa
|
2
|
Melakukan kegiatan apersepsi
|
4
|
Mengulang materi sebelumnya, bertanya kepada siswa secara
langsung
|
II
|
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
|
||
A
|
Penguasaan materi materi
pelajaran
|
||
3
|
Menunjukan penguasaan materi pelajaran
|
4
|
Mengajar lancar, (tanpa membaca ketika sedang mengajar)
|
4
|
Mengaitkan materi dengan ilmu pengetahuan lain yang relevan
|
3
|
Mengaitkan dengan beberapa kata/istilah politik, dll
|
5
|
Menyampaikan materi denga jelas, sesuai dengan hirarki belajar
dan karakteristik siswa
|
4
|
Jelas
|
6
|
Mengaikan materi dengan realitas kehidupan
|
5
|
Banyak permisalan, penganalogian dengan kehidupan nyata (dalam
mengajar)
|
B
|
Pendekatan/strategi
pembelajaran
|
||
7
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang
akan dicapai dan karakteristik siswa
|
5
|
Sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam RPP
|
8
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
|
5
|
Sistematis dalam mengajar
|
9
|
Menguasai kelas
|
3
|
Mampu menarik perhatian siswa namun masih banyak siswa yang
gaduh
|
10
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
4
|
|
11
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan
positif
|
5
|
Mengapresiasi siswa yang cerdas dan berani, mengajak siswa untuk
berani dan mau menghargai
|
12
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan
|
4
|
Terlambat 10 menit, lebih cepat 3 menit
|
C
|
Pemanfaatan sumber
belajar/media pembelajaran
|
||
13
|
Menggunakan media secara aktif dan efisien
|
2
|
Hanya menggunakan media tulis (spidol, papan tulis)
|
14
|
Menghasilkan pesan yang menarik
|
2
|
Kurang menarik karena hanya media tulisan
|
15
|
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
|
2
|
Ya, melibatkan siswa menulis sendiri didepan kelas
|
D
|
Pembelajaran yang memicu dan
memelihara keterlibatan siswa
|
||
16
|
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
4
|
Memberikan kesempatan siswa berkreasi, menjawab soal, maju dll
|
17
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
|
4
|
Menanggapi respon siswa dengan baik
|
18
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran
|
4
|
Mampu membuat siswa antusias dalam belajar
|
E
|
Penilaian proses dan hasil
belajar
|
||
19
|
Memantau kemajuan belajar selama proses
|
5
|
Memberikan penilaian dengan tes ditengah kegiatan pembelajaran
(bertanya kepada siswa selama belajar)
|
20
|
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
5
|
Memeriksa hasil post tes siswa
|
F
|
Penggunaan bahasa
|
||
21
|
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik dan benar
|
5
|
Bahasa tulis dan lisan, sopan, lembut, dan baik
|
22
|
Menyampaikan pesan dan gaya yang sesuai
|
4
|
Menyemangatkan pesan-pesan tetapi hanya pada salah satu siswa.
|
III
|
PENUTUP
|
||
23
|
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan
siswa
|
4
|
Menyimpulkan (melibatkan siswa dalam penyimpulan)
|
24
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau
kegiatan, atau tugas sebagai bagian remedi/pengayaan
|
1
|
Tidak dilakukan
|
Total Skor
|
95
|
95 : 24 = 3,95
|
KESIMPULAN : saya bisa menyimpulkan
bahwa pembelajaran dikelas XI IPS 2 bahwa guru telah melakukan semua
indikator-indikator untuk bisa memenuhi guru yang profesional namun guru masih
perlu adakan review atau tugas lebih lanjut kepada siswa agar siswa bisa
belajar mandiri.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
kesimpulan dari laporan
ini adalah :
1. Guru harus dituntut harus menjadi
sosok yang kreatif, profesional dan menyenagkan bagi peserta didik juga guru
dituntut untuk bisa menguasai metode-metode pembelajaran dikelas agar dalam
mengajar dikelas, peserta didik tidak bosan belajar dan juga guru harus bisa
menguasai semua kurikulum, menguasai situasi dan kondisi dikelas sehingga
pembelajaran berlangsung secara aktif, inovatif dan menyenangkan.
2. Dalam hasil observasi yang kelompok
kami lakukan ke SMA Negeri 3 Tambun Selatan ternyata menunjukkan bahwa sistem
pengajaran yang dilakukan oleh guru-guru di SMA Negeri 3 Tambun Selatan sudah
mengarah pembelajaran yang baik, guru sudah bisa menguasai seluruh materi yang
ada, menguasai kelas sehingga peserta didik dikelas sangat antusias untuk mau
belajar mandiri walaupun masih aja guru yang belum memanfaatkan media
pembelajaran yang baik.
3.2 SARAN
Saran
dari kami adalah:
1. Guru-guru sekarang ini haruslah bisa
memanajemenkan kelas yang baik agar guru mampu bisa menguasai kelas dengan baik
dan bisa memahami karakter-karakter peserta didik yang dia ajarkan dikelas
2. Guru-guru sekarang haruslah bisa
menguasai model-model pembelajaran yang baik agar kegiatan penyampai materi
dikelas lebih baik lagi dan mengarahkan peserta didik dikelas untuk bisa mau
tampil berbicara dikelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar