RAGAM PENELITIAN
Ragam penelitian ada beberapa macam, diantaranya
:
1. Kuantitatif
Penelitian kuantitatif adalah penelitian
yang secara primer menggunakan paradigm postpositivist dalam mengembangkan
iilmu pengetahuan (seperti pemekiran tentang sebab-akibat, reduksi kepada
variabel, hipotesis dan pertanyaan spesifik, menggunakan pengukuran, bservasi
dan pengujian teori), menggunakan strategi penelitian seperti eksperimen dan
surveiyang mmerlukan data statistic.
Dalam penelitian kuantitaif terdapat
beberapa pendekatan penelitian, diantaranya :
a. Korelasional
@ menggambarkan suatu pendekatan umum yang berfokus pada ada tidaknya
hubungan antara variabel X dengan
variabel Y. di dalam pendekatan ini terdapat faktor kontribusi (berpengaruh)
atau determinasi (menentukan) bukan hubungan kausalitas
Contoh :
_ +
X Y X Y
Contoh :
Hubungan minat belajar PKn terhadap rasa nasionalisme
siswa
X Y
Jadi, jika minat belajar siswa naik sedangkan rasa nasionalismenya turun
berarti adanya hubungan negativediantara keduanya. Namun jika X naik dan Y juga
naik hubungan keduanya adalah positif karena X menentukan atau berkontribusi
pada Y.
Hubungan antara keduanya bukan bersifat normative.
Macam-macam studi korelasional
·
Studi hubungan : bertujuan menguji apakan variabel
yang ada berhubungan dnegan variabel yang lain, jika tidak maka harus
dieliminasi dmngenan variabel lain yang seuai
·
Studi prediksi : skor pada variabel yang satu dapat
digunakan untuk memprediksi skor variabel yang lain. Contoh : peringkat SMA
dapat diprediksikan untuk perinngkat di perguruan tinggi.
·
Korelasi : bertujuan untuk emngungkan hubungan
antarvariabel menggunakan statistic korelasional.
Keyword : hubungan ………….
b. Komparasional (ex post fakto)
@ penelitian dimana peneliti berusaha menentukan penyebab atau alasan,
untuk keberadaan perbedaan dalam perilaku atau status dalam kelompok individu
lalu setelah itu mengukur akiibatnya apa.
c. Eksperimental
Menurut Davis (2004) penelitian eksperimen berdasarkan asumsi bahwa
dunia bekerja berdasarkan sebab-akibat.
Pendekatan ini berdasarkan eksperimen semu (Quasi Experimental) yang
smeuanya telah disetting sebagai suatu satu kesatuan yang akan diteliti tidak
seperti yang ada pada penelitian ilmu
alam.
Diskusi ceramah
Pada kelas eksperimen haruslah sesuatu yang dijagokan dalam suatu
penelitian, sedangkan kelas control sebaliknya.
Syarat :
Siswa tidak boleh tahu kelas sedang diteliti
Kelas memiliki kemampuan yang sama
Karakteristik eksperimental :
·
Manipulasi : peneliti bebas menentukan bentuk apa atau
nilai-nilai variabel bebas (atau sebab) yang akan diambil dan kelompok mana
yang mendapat bentuk yang sama, contoh : peneliti akan meneliti tentang metode
diskusi meningtkan motivasi belajar, maka peneliti akan meneliti kelas yang
menggunakan diskusi dengan yang tidak menggunakan.
·
Pengendalian :
menurut Gay (1981 : 210) pengendalian mengacu pada usaha-usaha pihak
peneliti untuk menyingkirkan pengaruh suatu variabel (selain variabel bebas)
yang dapat mempengaruhi performansi dari variabel terikat
·
Pengamatan : untuk menegtahui apakah ada pengaruh
manipulasi variabel bebas terhadap variabel terikat dalam suatu penelitian
eksperimental, pengamatan perlu dilakukan.
Keyword : pengaruh…………., perbedaan……..,
perbandingan……….
2. Kualitatif
Penelitian kualitatif adalah meupakan salah
satu pendekatan yang secara primer menggunakan paradigma pengetahuan
berdasarkan pandangan konstruksivist
(seperti kata jamak dari pengalaman individual, makna yang secara social
dan historis digunakan dnegan maksud mengembangankan suatu teori atau poal).
Pendekatan ini menggunakan strategi penelitian seperti naratif, fenomenologis,
etnografis, studi grounded theory, atau studi kasus.
3. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
@ sebuah penlitian yang dilakukan di kelas
atau Classroom Actoin Research (CAR).
siklus PTK
1. Menyusun rancangan tindakan (Planning) :
dalam tahap ini peneliti menjelaskan tentang apa, mengapa, kapan, dimana, oleh
siapa, dan bagaimana tindakan ini dilakukan. Penelitian tindakan yang idealnya
sebetulnya dilakukan secara berpasangan anatar pihak yang melakukan
tindakan dengan pihak yang mnegamati
proses jalannya tindakan istilah untuk cara ini adalah prinsip kolabolasi
Prinsip kolabolasi yang melibatkan guru,
teman sejawat, siswa
Guru sebagai yang meneliti, teman sejawat adalah sebagai pengamat yang
mengamati, dan siswa sebagai subjek yang diamati.
2. Pelaksaan (Acting) : ;pelaksaan yang
merupakan implementasi atau penerapaan isi rancangan, yaitu mengenakan tindakan
kelas. Hal yang perlu diingat adalah guru guru harus menaati apa yang telah
direncanakan atau dirumuskan dalam rancanagan, tetapi harus juga berlaku wajar,
tidak dibuat-buat.
3. Pengaamatan (observing)sebenarnya sedikit
kurang tepat kalau pengamatan ini pengamatan ini dipisahkan dengan pelaksaaan
tindakan karena seharusnya pengamatan dilakukan pada waktu tindakan sedang
dilakukan dalam waktu yang sama.
4. Refleksi (reflecting) : mengemukakan
kembali apa yang sudah dilakukan. Dalam hal ini guru pelaksana sudah melakukan
tindakan, kemudian berhadapan dnegan peneliti untuk mendiskusikan implementasi rancanangan
tindakan.
Tujuan PTK :
-
Untu meningkatkan kinerja guru
-
Untuk meningktkan kualitas pembelajaran
SUMBER
Arikunto, suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta. Pt Bumi Aksara.
Emzir. 2011. Metode Penelitian Pendididkan
Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta.
PT Raja Grafindo Persada.
Kelas kuliah Metodologi Penelitian Pak Jafar, M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar