Halaman

Kamis, 04 Oktober 2012

Ragam Penelitian



RAGAM PENELITIAN
Ragam penelitian ada beberapa macam, diantaranya :
1.      Kuantitatif
Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang secara primer menggunakan paradigm postpositivist dalam mengembangkan iilmu pengetahuan (seperti pemekiran tentang sebab-akibat, reduksi kepada variabel, hipotesis dan pertanyaan spesifik, menggunakan pengukuran, bservasi dan pengujian teori), menggunakan strategi penelitian seperti eksperimen dan surveiyang mmerlukan data statistic.
Dalam penelitian kuantitaif terdapat beberapa pendekatan penelitian, diantaranya :
a.       Korelasional
@ menggambarkan suatu pendekatan umum yang berfokus pada ada tidaknya hubungan antara  variabel X dengan variabel Y. di dalam pendekatan ini terdapat faktor kontribusi (berpengaruh) atau determinasi (menentukan) bukan hubungan kausalitas
Contoh :
 

_                                    +

X         Y                    X            Y
Contoh :
Hubungan minat belajar PKn terhadap rasa nasionalisme siswa
                              X                                 Y
Jadi, jika minat belajar siswa naik sedangkan rasa nasionalismenya turun berarti adanya hubungan negativediantara keduanya. Namun jika X naik dan Y juga naik hubungan keduanya adalah positif karena X menentukan atau berkontribusi pada Y.
Hubungan antara keduanya bukan bersifat normative.
Macam-macam studi korelasional
·         Studi hubungan : bertujuan menguji apakan variabel yang ada berhubungan dnegan variabel yang lain, jika tidak maka harus dieliminasi dmngenan variabel lain yang seuai
·         Studi prediksi : skor pada variabel yang satu dapat digunakan untuk memprediksi skor variabel yang lain. Contoh : peringkat SMA dapat diprediksikan untuk perinngkat di perguruan tinggi.
·         Korelasi : bertujuan untuk emngungkan hubungan antarvariabel menggunakan statistic korelasional.
Keyword : hubungan ………….
b.      Komparasional (ex post fakto)
@ penelitian dimana peneliti berusaha menentukan penyebab atau alasan, untuk keberadaan perbedaan dalam perilaku atau status dalam kelompok individu lalu setelah itu mengukur akiibatnya apa.
c.       Eksperimental
Menurut Davis (2004) penelitian eksperimen berdasarkan asumsi bahwa dunia bekerja berdasarkan sebab-akibat.
Pendekatan ini berdasarkan eksperimen semu (Quasi Experimental) yang smeuanya telah disetting sebagai suatu satu kesatuan yang akan diteliti tidak seperti yang ada pada  penelitian ilmu alam.
Oval: Kls eksperimen Oval: Kls kontrol
 





                  Diskusi                        ceramah

Pada kelas eksperimen haruslah sesuatu yang dijagokan dalam suatu penelitian, sedangkan kelas control sebaliknya.
Syarat :
Siswa tidak boleh tahu kelas sedang diteliti
Kelas memiliki kemampuan yang sama

Karakteristik eksperimental :
·         Manipulasi : peneliti bebas menentukan bentuk apa atau nilai-nilai variabel bebas (atau sebab) yang akan diambil dan kelompok mana yang mendapat bentuk yang sama, contoh : peneliti akan meneliti tentang metode diskusi meningtkan motivasi belajar, maka peneliti akan meneliti kelas yang menggunakan diskusi dengan yang tidak menggunakan.
·         Pengendalian :  menurut Gay (1981 : 210) pengendalian mengacu pada usaha-usaha pihak peneliti untuk menyingkirkan pengaruh suatu variabel (selain variabel bebas) yang dapat mempengaruhi performansi dari variabel terikat
·         Pengamatan : untuk menegtahui apakah ada pengaruh manipulasi variabel bebas terhadap variabel terikat dalam suatu penelitian eksperimental, pengamatan perlu dilakukan.
Keyword : pengaruh…………., perbedaan…….., perbandingan……….
2.      Kualitatif
Penelitian kualitatif adalah meupakan salah satu pendekatan yang secara primer menggunakan paradigma pengetahuan berdasarkan pandangan konstruksivist  (seperti kata jamak dari pengalaman individual, makna yang secara social dan historis digunakan dnegan maksud mengembangankan suatu teori atau poal). Pendekatan ini menggunakan strategi penelitian seperti naratif, fenomenologis, etnografis, studi grounded theory, atau studi kasus.
3.      Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
@ sebuah penlitian yang dilakukan di kelas atau Classroom Actoin Research (CAR).
Oval: planningsiklus PTKOval: observingOval: actingOval: reflecting




                                                            

1.      Menyusun rancangan tindakan (Planning) : dalam tahap ini peneliti menjelaskan tentang apa, mengapa, kapan, dimana, oleh siapa, dan bagaimana tindakan ini dilakukan. Penelitian tindakan yang idealnya sebetulnya dilakukan secara berpasangan anatar pihak yang melakukan tindakan  dengan pihak yang mnegamati proses jalannya tindakan istilah untuk cara ini adalah prinsip kolabolasi
Prinsip kolabolasi yang melibatkan guru, teman sejawat, siswa
Guru sebagai yang meneliti,  teman sejawat adalah sebagai pengamat yang mengamati, dan siswa sebagai subjek yang diamati.
2.      Pelaksaan (Acting) : ;pelaksaan yang merupakan implementasi atau penerapaan isi rancangan, yaitu mengenakan tindakan kelas. Hal yang perlu diingat adalah guru guru harus menaati apa yang telah direncanakan atau dirumuskan dalam rancanagan, tetapi harus juga berlaku wajar, tidak dibuat-buat.
3.      Pengaamatan (observing)sebenarnya sedikit kurang tepat kalau pengamatan ini pengamatan ini dipisahkan dengan pelaksaaan tindakan karena seharusnya pengamatan dilakukan pada waktu tindakan sedang dilakukan dalam waktu yang sama.
4.      Refleksi (reflecting) : mengemukakan kembali apa yang sudah dilakukan. Dalam hal ini guru pelaksana sudah melakukan tindakan, kemudian berhadapan dnegan peneliti untuk  mendiskusikan implementasi rancanangan tindakan.

Tujuan PTK :
-          Untu meningkatkan kinerja guru
-          Untuk meningktkan kualitas pembelajaran

SUMBER
Arikunto, suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Pt Bumi Aksara.
Emzir. 2011. Metode Penelitian Pendididkan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta.  PT Raja Grafindo Persada.
Kelas kuliah Metodologi Penelitian Pak Jafar, M.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar