Halaman

Kamis, 16 April 2020

Laporan Bulanan Pendamping PKH Kementerian Sosial


LAPORAN
KEGIATAN PENDAMPING




BULAN :  FEBRUARI 2020
Dibuat oleh:
SITI PAHRIYAH, S.Pd
DANI  RUSNADI

JABATAN                  : PENDAMPING PKH
KECAMATAN                : CICANTAYAN     
KABUPATEN                 : SUKABUMI
PROVINSI                       : JAWA BARAT

PELAKSANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN
PPKH KABUPATEN SUKABUMI

PROVINSI JAWA BARAT

TAHUN 2020




DAFTAR ISI



BAB I      PENDAHULUAN.....................................................................................        1
A.      Latar Belakang...................................................................................        1
B.      Tujuan................................................................................................        1

BAB II     REALISASI KEGIATAN BULAN INI...................................................        4
A.    Timesheet Kegiatan............................................................................        4
B.    Hasil Kegiatan & Progres Capaian.....................................................        6

BAB III   PERMASALAHAN DAN UPAYA PENYELESAIAN...........................        7
A.      Kendala dan Permasalahan................................................................        7
B.      Upaya Penyelesaian...........................................................................        8

BAB IV   RENCANA KEGIATAN BULAN BERIKUTNYA................................        9
A.    Jadwal Kegiatan..................................................................................        9
B.    Target Capaian....................................................................................      10

BAB V     PENUTUP................................................................................................      11
A.      Kesimpulan........................................................................................      11
B.      Saran dan Rekomendasi.....................................................................      11

  LAMPIRAN PENDUKUNG

LAMPIRAN
1.     Lampiran 1      : Timesheet / CKP Kegiatan PKH
2.     Lampiran 2      : Rekapitulasi Pemutakhiran Data Komponen KPM
3.     Lampiran 3      : Absensi Pendamping Kecamatan Cicantayan
4.     Lampiran 4      : Foto kegiatan


 

 BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan di bidang perlindungan sosial, Pemerintah Indonesia melaksanakan Program Keluarga Harapan (PKH). PKH dimaksudkan kepada upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada masyarakat miskin dan meningkatkan SDM. Pelaksanaan PKH di Indonesia diharapkan akan membantu penduduk termiskin, bagian masyarakat yang paling membutuhkan uluran tangan dari siapapun juga.

Dalam PKH, bantuan akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan sebagai imbalannya KPM tersebut diwajibkan untuk menyekolahkan anaknya, melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk pemeriksaan gizi dan imunisasi balita, serta memeriksakan kandungan bagi ibu hamil. Untuk jangka pendek, bantuan ini akan membantu mengurangi beban pengeluaran KPM, sedangkan untuk jangka panjang diharapkan akan memutuskan rantai kemiskinan antar generasi.

Program Keluarga Harapan ( PKH ) yang merupakan program unggulan dalam upaya memutuskan rantai kemiskinan, telah dirasakan oleh sebagian Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi dari mulai Tahun 2008, dengan grafik peningkatan pendidikan dan kesehatan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan kemasyarakatan yang dinilai cukup baik walaupun belum maksimal peserta PKH melaksanakan kewajibannya, tetapi dapat dirasakan kemanfaatannya dari bantuan yang diterima oleh KPM sebelum adanya bantuan PKH.

B.    Tujuan

PKH ( Program Keluarga Harapan ) merupakan salah satu program perlindungan sosial yang menjadi amanat UUD’45 dan Alqur’an yang menitik beratkan perhatian kepada fakir miskin. dengan memberikan bantuan berupa uang tunai dalam upaya meringankan beban biaya hidup Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ), yang lebih diharapkan dari PKH adalah upaya mendorong, memotivasi dan memberikan semangat hidup yang lebih layak dan bermartabat sebagai manusia yang diciptakan ALLAH SWT yang tidak ada perbedaan. Dengan demikian sasaran dari PKH kepada KSM dalam upaya memutus rantai kemiskinan merupakan salah satu wujud inflementasi dari amanah UUD’45 dan Al-qur’anul karim.

Timbulnya kemiskinan akibat rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat sehingga kualitas gizi dan kesehatan ibu dan anak balita memburuk, selain itu juga menyebabkan munculnya anak-anak putus sekolah akibat tidak adanya biaya untuk pendidikan, bahkan sebagian dari mereka terpaksa harus bekerja keras membantu pendapatan ekonomi keluarga.Akhirnya kualitas generasi penerus keluarga miskin senantiasa rendah dan terjerat pada lingkaran kemiskinan. Oleh karena itu upaya meningkatkan kesehatan dan pendidikan bagi generasi penerus KPM perlu diperjuangkan .

Dalam rangka mensukseskan program PKH maka perlu adanya pendampingan yang berkelanjutan. Pendampingan ini sangat penting karena beberapa alasan antara lain : (a) program PKH merupakan salah satu cikal bakal sistem perlindungan sosial bagi KPM yang dilakukan secara berkelanjutan; (b) pendampingan memberikan ruang tanpa batas bagi penerima program untuk dapat saling belajar dan bertanggung jawab atas komitmen yang telah disepakati dan; (c) memperkuat modul sosial bagi RTM terutama di bidangn pendidikan dan kesehatan, disamping itu pendamping juga mempunyai peran memberikan motivasi dan bertugas mensosialisasikan PKH pada masyarakat, khususnya bagi KPM penerima PKH. Pendamping adalah pejuang bagi penerima manfaat PKH.

Dalam pelaksanaan PKH ada beberapa tahap yang harus dilakukan oleh pendamping dan penerima manfaat PKH, diantaranya :
1. Melakukan pemutakhiran Data peserta
2. Menerima & menindak lanjuti pengaduan
3. Melakukan Sosialisasi PKH
4. Melakukan kunjungan ke peserta
5. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait
6. Melakukan pertemuan dengan petugas Faskes
7. Melakukan pertemuan dengan petugas Fasdik
8. Melakukan pertemuan kelompok KSM
9. Mengadakan pertemuan dengan UPPKH Kab.
10. Mendampingi peserta ke Faskes
11. Mendampingi peserta ke Fasdik
12. Mendampingi peserta saat pembayaran
13. Melakukan Rekonsiliasi
14. Melakukan Monitoring Faskes
15. Melakukan Monitoring Fasdik
16. Melakukan monitoring peserta PKH
17. Melakukan penanganan Pengaduan peserta
18. Melakukan penanganan pengaduan Non peserta
19. Kegiatan lainya yang berhubungan dengan kemasyarakatan

Pendamping adalah pelaksana PKH di tingkat kecamatan, yang mempunyai fungsi utamanya mendampingi langsung penerima manfaat PKH.Dalam melaksanakan tugasnya pendamping perlu mempersiapkan rencana kerja sehingga tugas pokok pendamping dapat terarah dan terkordinir.
Kegiatan pendamping yang dilakukan selama 1(satu) bulan, dituangkan dalam laporan kerja pendamping yang merupakan realisasi kegiatan pendamping dan sebagai acuan kerja pendamping.

  
BAB II
REALISASI KEGIATAN BULAN INI

A.    TIMESHEET KEGIATAN
Beberapa kegiatan pendamping PKH untuk mengayomi dan mendampingi penerima (peserta) PKH sangat penting dilaksanakan dengan penuh loyalitas. Sebagai pekerja sosial kami dituntut untuk peka terhadap kegiatan yang mendukung kelancaran penerimaan bantuan PKH. Namun tidak hanya itu saja ada beberapa kegiatan yang kami lakukan, diantaranya adalah :

TANGGAL
LOKASI
URAIAN KEGIATAN
3/2/2020
Kantor kecamatan
Rapat persiapan kunjungan bupati
4/2/2020
Kp. Cikondang 1
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi untuk ibu menyusi dan balita
5/2/2020
Kantor kecamatan
Rapat persiapan kunjungan bupati
6/2/2020
Kantor Desa Cimahi
Koordinasi dengan instansi terkait 
7/2/2020
Kp. Cikondang 2
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi untuk ibu menyusi dan balita
10/2/2020
Kantor Kecamatan
Apel pagi dilanjut rapat mingguan
11/2/2020
Kp. Bakti 
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi untuk ibu menyusi dan balita
12/2/2020
Kantor Desa Cimahi
Koordinasi dengan instansi terkait 
13/2/2020
Kp. Babakan Tipar
Home visit KPM yang sudah tidak punya kategori lagi
14/2/2020
Kp. Karadenan Pojok
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi untuk ibu menyusi dan balita
17/2/2020
Desa Sukadamai
Apel hari PGRI dilanjut rapat mingguan
18/2/2020
Kp. Sembah Dalem
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi untuk ibu menyusi dan balita
19/2/2020
Lapangan Kecamatan Kadudampit
Gebyar KPM PKH Sukabumi
20/2/2020
Kantor Desa Cimahi
Koordinasi dengan instansi terkait 
21/2/2020
Kp. Cijabon
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi untuk ibu menyusi dan balita
24/2/2020
Kantor Kecamatan
Apel pagi dilanjut rapat mingguan
25/2/2020
Kp. Cimenteng
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi untuk ibu menyusi dan balita
26/2/2020
Kantor Desa Cimahi
Koordinasi dengan instansi terkait 
27/2/2020
Kp. Cijabon
Home visit KPM yang sudah tidak punya kategori lagi
28/2/2020
Kp. Ciawi
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi untuk ibu menyusi dan balita



B.    Hasil Kegiatan dan Progres Capaian
Kegiatan yang dilakukan oleh Pendamping pada bulan FEBRUARI yang bersifat kegiatan rutin dan incident semuanya berjalan lancar.
URAIAN KEGIATAN
PROGRES CAPAIAN (%)
1
Melakukan pemutakhiran Data peserta

2
Menerima & menindak lanjuti pengaduan
100
3
Melakukan Sosialisasi PKH

4
Melakukan kunjungan ke peserta
70
5
Melakukan koordinasi dengan instansi terkait
100
6
Melakukan pertemuan dengan petugas Faskes
50
7
Melakukan pertemuan dengan petugas Fasdik
100
8
Melakukan pertemuan kelompok KPM
100
9
Mengadakan pertemuan dengan UPPKH Kab./Dinas Sosial
50
10
Mendampingi peserta ke Faskes
50
11
Mendampingi peserta ke Fasdik
80
12
Melakukan Rekonsiliasi

13
Melakukan Monitoring Faskes
80
14
Melakukan monitoring peserta PKH
70
15
Melakukan penanganan Pengaduan peserta
80
16
Mendampingi Peserta saat pembayaran
100
17
Melakukan penanganan pengaduan Non peserta
80
18
Kegiatan lainnya yang berhubungan dengan:
  1. kemasyarakatan
  2. lain-lain
50




BAB III

A.Kendala dan Permasalahan
NO
KENDALA DAN MASALAH
PENYEBAB MASALAH
1
Masih ada yang melanggar kewajiban KPM
Keterbatan ekonomi KPM dan banyaknya anak sehingga tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya dan lebih mementingkan pendidikan adiknya yang masih kecil
2
Masih ada peserta PKH yg tidak ikut pertemuan kelompok
Bekerja di pabrik, jadi asisten rumah tangga, ke sawah, sakit atau ada keperluan keluarga
3
Banyak KPM yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah yang lainnya seperti KIS, KIP, dll.
Tidak terdata oleh pihak sekolah, desa ataupun tidak sesuainya data KPM antara alamat, no NIK, no KK, dll

PERM
ASALAHAN DAN UPAYA PENYELESAIAN



  



B.    Upaya Penyelesaian
NO
KENDALA DAN MASALAH
UPAYA PENYELESAIAN
1
Masih ada yang melanggar kewajiban KPM
Membujuk agar rajin ke sekolah dan posyandu karena anntinya akan berakibat kepada penahanan turunnya bantuan KPM oleh pemerintah
2
Masih ada peserta PKH yg tidak ikut pertemuan kelompok
home visit memastikan agar pertemuan kelompok selanjutnya KPM tersebut ikut
3
KPM yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah yang lainnya seperti KIS, KIP, dll.
Mengupayakan berkoordinasi dengan pihak terkait agar KPM mendaptkan bantuan dari pemerintah yang lainnya



BAB IV
RENCANA KEGIATAN BULAN BERIKUTNYA

A.          Jadwal Kegiatan
NO
URAIAN KEGIATAN
JADWAL RENCANA KEGIATAN
M1
M2
M3
M4
1
Melakukan pemutakhiran Data peserta




2
Menerima & menindak lanjuti pengaduan




3
Melakukan Sosialisasi PKH




4
Melakukan kunjungan ke peserta




5
Melakukan koordinasi dengan instansi terkait




6
Melakukan pertemuan dengan petugas Faskes




7
Melakukan pertemuan dengan petugas Fasdik




8
Melakukan pertemuan kelompok KPM




9
Mengadakan pertemuan dengan UPPKH Kab./Dinas Sosial




10
Mendampingi peserta ke Faskes




11
Mendampingi peserta ke Fasdik




12
Melakukan Rekonsiliasi




13
Melakukan Monitoring Faskes




14
Melakukan Monitoring Fasdik




15
Melakukan monitoring peserta PKH




16
Melakukan penanganan Pengaduan peserta




17
Mendampingi Peserta saat pembayaran




18
Melakukan penanganan pengaduan Non peserta




18
Kegiatan lainnya yang berhubungan dengan:
  1. kemasyarakatan
  2. lain-lain







B.    Target Capaian
NO
URAIAN KEGIATAN
OUTPUT YANG AKAN DICAPAI
1
Melakukan pemutakhiran Data peserta
Diharapkan data penerima PKH lebih akurat
2
Menerima & menindak lanjuti pengaduan
Bisa menjadikaan acuan dan solusi setiap permasalahan
3
Melakukan Sosialisasi PKH
Memberikan informasi seputar program PKH di tahun 2016
4
Melakukan kunjungan ke peserta
Mendapatkan info permasalahan dan perkembangan dilapangan
5
Melakukan koordinasi dengan instansi terkait
Terjalinnya koordinasi yang lebih baik agar tidak salah paham
6
Melakukan pertemuan dengan petugas Faskes
Terjalinnya koordinasi yang lebih baik
7
Melakukan pertemuan dengan petugas Fasdik
Terjalinnya koordinasi yang lebih baik
8
Melakukan pertemuan kelompok KSM
Dapat menampung berbagai Input dan memberikan arahan kepada penerima PKH
9
Mengadakan pertemuan dengan UPPKH Kab. /Dinas Sosial
Terjalinnya koordinasi yang lebih baik,
10
Mendampingi peserta ke Faskes
Dapat mengetahui tingkat kewajiban kehadiran peserta
11
Mendampingi peserta ke Fasdik
Dapat mengetahui tingkat kewajiban kehadiran peserta
12
Mendampingi peserta saat pembayaran
Adanya transfaransi dlm pembayaran
13
Melakukan Rekonsiliasi
Membrikan informasi seputar PKH
14
Melakukan Monitoring Faskes
Bisa memantau perkembangan kehadiran peserta PKH
15
Melakukan Monitoring Fasdik
Bisa memantau perkembangan kehadiran peserta PKH
16
Melakukan monitoring peserta PKH
Dapat mengetahui segala kegiatan dan permasalahan KSM PKH
17
Melakukan penanganan Pengaduan peserta
dapat menjadikan solusi segala permasalahan
18
Melakukan penanganan pengaduan Non peserta
dapat menjadikan solusi segala permasalahan
19
Kegiatan lainnya yang berhubungan dengan:
  1. kemasyarakatan
  2. lain-lain
Terjalinnya silaturahmi yang lebih baik



BAB V
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Dengan segala kerendahan dan kekurangan pada diri kami sebagai insan yang dhoif, kami hanya bersandar kepada Allah jualah sebagai pemegang ilmu.Hanya ini kemampuan kami sebagai laporan yang dapat kami sampaikan sebagai dasar kegiatan yang kami laksanakan pada bulan FEBRUARI 2020. Semoga laporan yang kami sampaikan ini  dapat menjadi ilmu dan pengalaman yang berharga, dan dapat dijadikan bahan koreksi dan perbaikan sehingga pelaksanaan berikutnya akan lebih baik sesuai dengan harapan.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu sehingga terselesaikannya laporan sederhana ini, mohon maaf atas segala kekurangan dan kehilapan, semoga Allah SWT selalu mengampuni atas segala kehilapan hambaNya.

A.    Saran dan Rekomendasi

Sebagai masukan atau saran dari pendamping, bahwa kegiatan pendamping mengundang banyak resiko dilapangan tidak dibayangkan operasional pendamping yang membengkak, belum lagi lokasi yang membahayakan, karna itulah pendamping menyarankan agar pendamping dapat diperhatikan secara serius baik kesejahteraannya, keselamatannya juga masa depannya, karna pendamping sebagai barometer kesuksesan  program PKH.

Sukabumi, 28 Februari 2020          
Pendamping PKH
Kecamatan Cicantayan


SITI PAHRIYAH, S.Pd
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar