KEGIATAN PENDAMPING
BULAN : FEBRUARI
2020
Dibuat oleh:
SITI PAHRIYAH, S.Pd
DANI RUSNADI
JABATAN : PENDAMPING PKH
KECAMATAN : CICANTAYAN
KABUPATEN : SUKABUMI
PROVINSI : JAWA BARAT
PELAKSANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN
PPKH KABUPATEN
SUKABUMI
PROVINSI
JAWA BARAT
TAHUN
2020
DAFTAR
ISI
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................... 1
A. Latar Belakang................................................................................... 1
B. Tujuan................................................................................................ 1
BAB II REALISASI KEGIATAN BULAN INI................................................... 4
A.
Timesheet
Kegiatan............................................................................ 4
B.
Hasil Kegiatan & Progres Capaian..................................................... 6
BAB III PERMASALAHAN DAN UPAYA PENYELESAIAN........................... 7
A. Kendala dan Permasalahan................................................................ 7
B.
Upaya Penyelesaian........................................................................... 8
BAB IV RENCANA KEGIATAN BULAN BERIKUTNYA................................ 9
A.
Jadwal Kegiatan.................................................................................. 9
B.
Target Capaian.................................................................................... 10
BAB V PENUTUP................................................................................................ 11
A. Kesimpulan........................................................................................ 11
B.
Saran dan Rekomendasi..................................................................... 11
LAMPIRAN
1.
Lampiran 1 :
Timesheet / CKP Kegiatan PKH
2.
Lampiran 2 :
Rekapitulasi Pemutakhiran Data Komponen KPM
3.
Lampiran 3 :
Absensi Pendamping Kecamatan Cicantayan
4.
Lampiran 4 : Foto
kegiatan
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam
rangka percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan di
bidang perlindungan sosial, Pemerintah Indonesia melaksanakan Program Keluarga
Harapan (PKH). PKH
dimaksudkan kepada upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada masyarakat
miskin dan meningkatkan SDM. Pelaksanaan PKH di Indonesia diharapkan akan
membantu penduduk termiskin, bagian masyarakat yang paling membutuhkan uluran
tangan dari siapapun juga.
Dalam
PKH, bantuan akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan sebagai imbalannya
KPM
tersebut diwajibkan untuk menyekolahkan anaknya, melakukan pemeriksaan
kesehatan termasuk pemeriksaan gizi dan imunisasi balita, serta memeriksakan
kandungan bagi ibu hamil. Untuk jangka pendek, bantuan ini akan membantu
mengurangi beban pengeluaran KPM, sedangkan untuk jangka panjang
diharapkan akan memutuskan rantai kemiskinan antar generasi.
Program Keluarga
Harapan ( PKH ) yang merupakan program unggulan dalam upaya memutuskan rantai
kemiskinan, telah dirasakan oleh sebagian Keluarga Penerima Manfaat (KPM)
di Kecamatan Cicantayan
Kabupaten Sukabumi dari mulai Tahun 2008, dengan grafik peningkatan pendidikan
dan kesehatan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan kemasyarakatan
yang dinilai cukup baik walaupun belum maksimal peserta PKH melaksanakan
kewajibannya, tetapi dapat dirasakan kemanfaatannya dari bantuan yang diterima
oleh KPM
sebelum adanya bantuan PKH.
B.
Tujuan
PKH (
Program Keluarga Harapan ) merupakan salah satu program perlindungan sosial
yang menjadi amanat UUD’45 dan Alqur’an yang menitik beratkan
perhatian kepada fakir miskin. dengan memberikan bantuan berupa uang tunai
dalam upaya meringankan beban biaya hidup Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ),
yang lebih diharapkan dari PKH adalah upaya mendorong, memotivasi dan
memberikan semangat hidup yang lebih layak dan bermartabat sebagai manusia yang
diciptakan ALLAH SWT yang tidak ada perbedaan. Dengan demikian sasaran dari PKH
kepada KSM dalam upaya memutus rantai kemiskinan merupakan salah satu wujud
inflementasi dari amanah UUD’45 dan Al-qur’anul karim.
Timbulnya
kemiskinan akibat rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat sehingga kualitas gizi
dan kesehatan ibu dan anak balita memburuk, selain itu juga menyebabkan munculnya
anak-anak putus sekolah akibat tidak adanya biaya untuk pendidikan, bahkan
sebagian dari mereka terpaksa harus bekerja keras membantu pendapatan ekonomi
keluarga.Akhirnya kualitas generasi penerus keluarga miskin senantiasa rendah
dan terjerat pada lingkaran kemiskinan. Oleh karena itu upaya meningkatkan
kesehatan dan pendidikan bagi generasi penerus KPM perlu diperjuangkan .
Dalam
rangka mensukseskan program PKH maka perlu adanya pendampingan yang
berkelanjutan. Pendampingan ini sangat penting karena beberapa alasan antara
lain : (a) program PKH merupakan salah satu cikal bakal sistem perlindungan
sosial bagi KPM yang dilakukan secara berkelanjutan; (b)
pendampingan memberikan ruang tanpa batas bagi penerima program untuk dapat
saling belajar dan bertanggung jawab atas komitmen yang telah disepakati dan;
(c) memperkuat modul sosial bagi RTM terutama di bidangn pendidikan dan
kesehatan, disamping itu pendamping juga mempunyai peran memberikan motivasi
dan bertugas mensosialisasikan PKH pada masyarakat, khususnya bagi KPM penerima PKH. Pendamping adalah pejuang bagi penerima manfaat PKH.
Dalam pelaksanaan PKH ada beberapa tahap yang harus dilakukan oleh
pendamping dan penerima manfaat PKH, diantaranya :
1. Melakukan
pemutakhiran Data peserta
|
2. Menerima
& menindak lanjuti pengaduan
|
3. Melakukan
Sosialisasi PKH
|
4. Melakukan
kunjungan ke peserta
|
5. Melakukan koordinasi
dengan instansi terkait
|
6. Melakukan
pertemuan dengan petugas Faskes
|
7. Melakukan
pertemuan dengan petugas Fasdik
|
8. Melakukan
pertemuan kelompok KSM
|
9. Mengadakan
pertemuan dengan UPPKH Kab.
|
10.
Mendampingi peserta ke Faskes
|
11. Mendampingi
peserta ke Fasdik
|
12.
Mendampingi peserta saat pembayaran
|
13. Melakukan
Rekonsiliasi
|
14. Melakukan
Monitoring Faskes
|
15. Melakukan
Monitoring Fasdik
|
16. Melakukan
monitoring peserta PKH
|
17. Melakukan
penanganan Pengaduan peserta
|
18. Melakukan penanganan pengaduan Non peserta
|
19. Kegiatan
lainya yang berhubungan dengan kemasyarakatan
|
Pendamping adalah
pelaksana PKH di tingkat kecamatan, yang mempunyai fungsi utamanya mendampingi
langsung penerima manfaat PKH.Dalam melaksanakan tugasnya pendamping perlu
mempersiapkan rencana kerja sehingga tugas pokok pendamping dapat terarah dan
terkordinir.
Kegiatan
pendamping yang dilakukan selama 1(satu) bulan, dituangkan dalam laporan kerja
pendamping yang merupakan realisasi kegiatan pendamping dan sebagai acuan kerja
pendamping.
BAB II
REALISASI KEGIATAN
BULAN INI
A.
TIMESHEET KEGIATAN
Beberapa kegiatan
pendamping PKH untuk mengayomi dan mendampingi penerima (peserta) PKH sangat
penting dilaksanakan dengan penuh loyalitas. Sebagai pekerja sosial kami
dituntut untuk peka terhadap kegiatan yang mendukung kelancaran penerimaan
bantuan PKH. Namun tidak hanya itu saja ada beberapa kegiatan yang kami
lakukan, diantaranya adalah :
TANGGAL
|
LOKASI
|
URAIAN
KEGIATAN
|
3/2/2020
|
Kantor
kecamatan
|
Rapat persiapan kunjungan bupati
|
4/2/2020
|
Kp.
Cikondang 1
|
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi
untuk ibu menyusi dan balita
|
5/2/2020
|
Kantor
kecamatan
|
Rapat persiapan kunjungan bupati
|
6/2/2020
|
Kantor
Desa Cimahi
|
Koordinasi dengan instansi terkait
|
7/2/2020
|
Kp.
Cikondang 2
|
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi
untuk ibu menyusi dan balita
|
10/2/2020
|
Kantor
Kecamatan
|
Apel pagi dilanjut rapat mingguan
|
11/2/2020
|
Kp.
Bakti
|
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi
untuk ibu menyusi dan balita
|
12/2/2020
|
Kantor
Desa Cimahi
|
Koordinasi dengan instansi terkait
|
13/2/2020
|
Kp.
Babakan Tipar
|
Home visit KPM yang sudah tidak punya kategori lagi
|
14/2/2020
|
Kp.
Karadenan Pojok
|
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi
untuk ibu menyusi dan balita
|
17/2/2020
|
Desa
Sukadamai
|
Apel hari PGRI dilanjut rapat mingguan
|
18/2/2020
|
Kp.
Sembah Dalem
|
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi
untuk ibu menyusi dan balita
|
19/2/2020
|
Lapangan
Kecamatan Kadudampit
|
Gebyar KPM PKH Sukabumi
|
20/2/2020
|
Kantor
Desa Cimahi
|
Koordinasi dengan instansi terkait
|
21/2/2020
|
Kp.
Cijabon
|
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi
untuk ibu menyusi dan balita
|
24/2/2020
|
Kantor
Kecamatan
|
Apel pagi dilanjut rapat mingguan
|
25/2/2020
|
Kp.
Cimenteng
|
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi
untuk ibu menyusi dan balita
|
26/2/2020
|
Kantor
Desa Cimahi
|
Koordinasi dengan instansi terkait
|
27/2/2020
|
Kp.
Cijabon
|
Home visit KPM yang sudah tidak punya kategori lagi
|
28/2/2020
|
Kp.
Ciawi
|
P2k2 modul 3 sesi 2 Pentingnya gizi
untuk ibu menyusi dan balita
|
B.
Hasil Kegiatan dan
Progres Capaian
Kegiatan yang
dilakukan oleh Pendamping pada bulan FEBRUARI yang bersifat kegiatan rutin dan
incident semuanya berjalan lancar.
URAIAN KEGIATAN
|
PROGRES CAPAIAN (%)
|
|
1
|
Melakukan
pemutakhiran Data peserta
|
|
2
|
Menerima &
menindak lanjuti pengaduan
|
100
|
3
|
Melakukan Sosialisasi
PKH
|
|
4
|
Melakukan kunjungan
ke peserta
|
70
|
5
|
Melakukan koordinasi
dengan instansi terkait
|
100
|
6
|
Melakukan pertemuan
dengan petugas Faskes
|
50
|
7
|
Melakukan pertemuan
dengan petugas Fasdik
|
100
|
8
|
Melakukan pertemuan
kelompok KPM
|
100
|
9
|
Mengadakan pertemuan
dengan UPPKH Kab./Dinas Sosial
|
50
|
10
|
Mendampingi peserta
ke Faskes
|
50
|
11
|
Mendampingi peserta
ke Fasdik
|
80
|
12
|
Melakukan
Rekonsiliasi
|
|
13
|
Melakukan Monitoring
Faskes
|
80
|
14
|
Melakukan monitoring
peserta PKH
|
70
|
15
|
Melakukan penanganan
Pengaduan peserta
|
80
|
16
|
Mendampingi Peserta
saat pembayaran
|
100
|
17
|
Melakukan penanganan
pengaduan Non peserta
|
80
|
18
|
Kegiatan lainnya yang
berhubungan dengan:
|
50
|
BAB III
A.Kendala dan Permasalahan
NO
|
KENDALA DAN MASALAH
|
PENYEBAB MASALAH
|
1
|
Masih ada yang
melanggar kewajiban KPM
|
Keterbatan ekonomi KPM dan banyaknya
anak sehingga tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya dan lebih
mementingkan pendidikan adiknya yang masih kecil
|
2
|
Masih ada peserta PKH
yg tidak ikut pertemuan kelompok
|
Bekerja di pabrik,
jadi asisten rumah tangga, ke sawah, sakit atau ada keperluan keluarga
|
3
|
Banyak KPM yang tidak
mendapatkan bantuan dari pemerintah yang lainnya seperti KIS, KIP, dll.
|
Tidak terdata oleh pihak
sekolah, desa ataupun tidak sesuainya data KPM antara alamat, no NIK, no KK,
dll
|
PERMASALAHAN DAN UPAYA PENYELESAIAN
B.
Upaya Penyelesaian
NO
|
KENDALA DAN
MASALAH
|
UPAYA
PENYELESAIAN
|
1
|
Masih ada yang melanggar kewajiban KPM
|
Membujuk agar rajin ke sekolah dan
posyandu karena anntinya akan berakibat kepada penahanan turunnya bantuan KPM
oleh pemerintah
|
2
|
Masih ada peserta PKH yg tidak ikut
pertemuan kelompok
|
home visit memastikan agar pertemuan
kelompok selanjutnya KPM tersebut ikut
|
3
|
KPM yang tidak mendapatkan bantuan
dari pemerintah yang lainnya seperti KIS, KIP, dll.
|
Mengupayakan berkoordinasi dengan
pihak terkait agar KPM mendaptkan bantuan dari pemerintah yang lainnya
|
BAB IV
RENCANA KEGIATAN BULAN BERIKUTNYA
A.
Jadwal Kegiatan
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
JADWAL RENCANA
KEGIATAN
|
|||
M1
|
M2
|
M3
|
M4
|
||
1
|
Melakukan
pemutakhiran Data peserta
|
|
|
|
|
2
|
Menerima
& menindak lanjuti pengaduan
|
|
|
|
|
3
|
Melakukan
Sosialisasi PKH
|
|
|
|
|
4
|
Melakukan
kunjungan ke peserta
|
|
|
|
|
5
|
Melakukan
koordinasi dengan instansi terkait
|
|
|
|
|
6
|
Melakukan
pertemuan dengan petugas Faskes
|
|
|
|
|
7
|
Melakukan
pertemuan dengan petugas Fasdik
|
|
|
|
|
8
|
Melakukan
pertemuan kelompok KPM
|
|
|
|
|
9
|
Mengadakan
pertemuan dengan UPPKH Kab./Dinas Sosial
|
|
|
|
|
10
|
Mendampingi
peserta ke Faskes
|
|
|
|
|
11
|
Mendampingi
peserta ke Fasdik
|
|
|
|
|
12
|
Melakukan
Rekonsiliasi
|
|
|
|
|
13
|
Melakukan
Monitoring Faskes
|
|
|
|
|
14
|
Melakukan
Monitoring Fasdik
|
|
|
|
|
15
|
Melakukan
monitoring peserta PKH
|
|
|
|
|
16
|
Melakukan
penanganan Pengaduan peserta
|
|
|
|
|
17
|
Mendampingi
Peserta saat pembayaran
|
|
|
|
|
18
|
Melakukan
penanganan pengaduan Non peserta
|
|
|
|
|
18
|
Kegiatan
lainnya yang berhubungan dengan:
|
|
|
|
|
B. Target
Capaian
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
OUTPUT YANG AKAN DICAPAI
|
1
|
Melakukan
pemutakhiran Data peserta
|
Diharapkan
data penerima PKH lebih akurat
|
2
|
Menerima
& menindak lanjuti pengaduan
|
Bisa
menjadikaan acuan dan solusi setiap permasalahan
|
3
|
Melakukan
Sosialisasi PKH
|
Memberikan
informasi seputar program PKH di tahun 2016
|
4
|
Melakukan
kunjungan ke peserta
|
Mendapatkan
info permasalahan dan perkembangan dilapangan
|
5
|
Melakukan
koordinasi dengan instansi terkait
|
Terjalinnya
koordinasi yang lebih baik agar tidak salah paham
|
6
|
Melakukan
pertemuan dengan petugas Faskes
|
Terjalinnya
koordinasi yang lebih baik
|
7
|
Melakukan
pertemuan dengan petugas Fasdik
|
Terjalinnya
koordinasi yang lebih baik
|
8
|
Melakukan
pertemuan kelompok KSM
|
Dapat
menampung berbagai Input dan memberikan arahan kepada penerima PKH
|
9
|
Mengadakan
pertemuan dengan UPPKH Kab. /Dinas Sosial
|
Terjalinnya
koordinasi yang lebih baik,
|
10
|
Mendampingi
peserta ke Faskes
|
Dapat
mengetahui tingkat kewajiban kehadiran peserta
|
11
|
Mendampingi
peserta ke Fasdik
|
Dapat
mengetahui tingkat kewajiban kehadiran peserta
|
12
|
Mendampingi
peserta saat pembayaran
|
Adanya
transfaransi dlm pembayaran
|
13
|
Melakukan
Rekonsiliasi
|
Membrikan
informasi seputar PKH
|
14
|
Melakukan
Monitoring Faskes
|
Bisa
memantau perkembangan kehadiran peserta PKH
|
15
|
Melakukan
Monitoring Fasdik
|
Bisa
memantau perkembangan kehadiran peserta PKH
|
16
|
Melakukan
monitoring peserta PKH
|
Dapat
mengetahui segala kegiatan dan permasalahan KSM PKH
|
17
|
Melakukan
penanganan Pengaduan peserta
|
dapat
menjadikan solusi segala permasalahan
|
18
|
Melakukan
penanganan pengaduan Non peserta
|
dapat
menjadikan solusi segala permasalahan
|
19
|
Kegiatan
lainnya yang berhubungan dengan:
|
Terjalinnya
silaturahmi yang lebih baik
|
BAB V
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dengan segala kerendahan dan kekurangan pada diri kami sebagai insan yang
dhoif, kami hanya bersandar kepada Allah jualah sebagai pemegang ilmu.Hanya ini
kemampuan kami sebagai laporan yang dapat kami sampaikan sebagai dasar kegiatan
yang kami laksanakan pada bulan FEBRUARI
2020. Semoga laporan yang kami sampaikan ini dapat menjadi ilmu dan pengalaman yang
berharga, dan dapat dijadikan bahan koreksi dan perbaikan sehingga pelaksanaan
berikutnya akan lebih baik sesuai dengan harapan.
Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu sehingga
terselesaikannya laporan sederhana ini, mohon maaf atas segala kekurangan dan
kehilapan, semoga Allah SWT selalu mengampuni atas segala kehilapan hambaNya.
A. Saran dan Rekomendasi
Sebagai
masukan atau saran dari pendamping, bahwa kegiatan pendamping mengundang banyak
resiko dilapangan tidak dibayangkan operasional pendamping yang membengkak,
belum lagi lokasi yang membahayakan, karna itulah pendamping menyarankan agar
pendamping dapat diperhatikan secara serius baik kesejahteraannya,
keselamatannya juga masa depannya, karna pendamping sebagai barometer
kesuksesan program PKH.
Sukabumi, 28 Februari 2020
Pendamping PKH
Kecamatan Cicantayan
SITI
PAHRIYAH, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar