MAKALAH KONTITUSI
INGGRIS
UNTUK MEMENUHI TUGAS
MATA KULIAH UNDANG-UNDANG DASAR 1945 DAN PERBANDINGAN KONSTITUSI
DISUSUN OLEH :
AULIA RAHMAN PANE
KHABIBATUL FATKHI
SITI FAHRIYAH
YOGA TRIANGGORO
PRODI PKN REG 2010
JURUSAN ILMU SOSIAL
POLITIK
FAKULTAS IILMU SOSIAL
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT, karena
berkat rahmatNYAlah kami dapat menyelesaikan tugas makalah mengenai KONSTITUSI
INGGRIS ini, meskipun kami menemukan kendala-kendala diantaranya sulitnya
menemukan bahan yang berasal dari buku, namu kami akhirnya dapat mengatasi itu
semua. Shalawat serta salam kami curahkan kepada
junjungan besar kami yaitu nabi Muhammad SAW yang telah membawa kami dari zaman
yang gelap gulita ke zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.
Inggris
merupakan negara yang berbentuk kerajaan yang dikepalai oleh seorang ratu dan
dipimpin oleh perdana mentri . Inggris merupakan salah satu negara yang tidak
memiliki konstitusi tertulis, negara ini menggunakan konvensi, traktat, dll
Makalah ini saya susun unntuk memenuhi tugas
mata kuliyah Ilmu Negara dan saya harap makalah ini dapat memberikan kita
pengetahuan tentang negara yang saya bahas dalam makalah ini yaitu
Bahrain.hanya kepada ALLAH SWT lah saya berlindung , semoga ridhoNYA tercurah
kepada kita semua dan menjadi amal sholeh……
ya
mujibasshalihiin……
Jakarta,
1 April 2011
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………………………………............... i
Daftar isi ……………………………………………………………………………....... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang ...................................................................................... 1
1.2. Maksud dan tujuan
1.3.Ruang lingkup ...................................................................................... 2
1.4..
Permasalahan ...................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
BAB III PENUTUP
3.1 kesimpulan ...................................................................................... 8
3.2 saran ...................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA …..……………………………………………………………................... 9
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Negara Inggris tidak mempunyai konstitusi tertulis, oleh
sebab itu, dianggap memudahkan pemerintah untuk menyesuaikan tindakan-tindakan
dan lembaga-lembaganya menyesuaikan dengan tuntutan zaman tanpa mengalami
kesulitan dalam prosedurnya. Apabila terdapat perbedaan pokok-pokok mengenai
pemerintah, kedua belah pihak secara retorik dapat kembali pada prinsip-prinsip
konstitusional dan perbedaan biasanya diselesaikan oleh kekuatan politik
terkuat.
Bila soal persengketaan langsung berakhir, semua pihak
yang bersengketa akan menerima resolusi terhadap tindakan-tindakan pemerintah
yang dipersengketakan pada masa lalu itu sebagai bagian dari praktik
kelembagaan pada masa sekarang ini(yurisprudensi). Kekuasaan
pemerintah Inggris tergantung pada raja(bukan secara pribadi), makudnya raja
berperan sebagai symbol kolektif bagi lembaga-lembaga pemerintah dalam system
Inggris. Negara Inggris merupakan salah satu Negara yang menerapkan
konstitusinya berdasarkan konsep-konsep liberalisme.
1.2.Maksud dan tujuan
Maksud
dan tujuan kami membuat dan membahas dan membuat makalah tentang konstitusi
negara Inggris agar kami dapat mengetahui bagaimana sistem konsyitusi yang
berlaku di negara Inggris, apakah sama dengan negara-negara lain yang memiliki
konstitusi induk yang menjaddi rujukan Undang-Undang lain, ataukah berbeda.
Maka dari itu kami meras perlu mengetahui bagaimana konstitusi Ingggris
berlaku.
1.3. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup makalah kami adalah sistem konstitusi yang berlaku di negara Inggris
1.4. Permassalahan
·
Bagaimana sejarah perkembangan konstitusi yang berlaku di Inggris ?
·
Apa bentuk pemerintahan Inggris ?
·
Sumber konstitusi Inggris ?
·
Apa saja lembaga kenegaraan Inggris ?
·
Bagaimana reformasi konstitusi Inggris berlangsung ?
BAB II
PEMBAHASAN
Sejarah perkembangan konstitusi Inggris
Konstitusi
dari Britania Raya adalah himpunan hukum dan prinsip-prinsip Inggris
diatur. Tidak seperti Negara lain, Inggris tidak
memiliki dokumen single core konstitusional. Oleh karena itu sering dikatakan
bahwa negara itu memiliki de
facto konstitusi.
[1]
Namun, banyak dari konstitusi Inggris diwujudkan dalam bentuk tertulis, dalam
undang-undang, keputusan
pengadilan , dan perjanjian. .
Konstitusi memiliki sumber tidak tertulis lainnya, termasuk parlemen
konvensi konstitusional
dan hak-hak istimewa kerajaan
.
Pada
abad ke-19, seorang sarjana konstitusi sangat berpengaruh dan pengacara,
menulis tentang "pilar kembar" dari konstitusi Inggris dalam karya
klasiknya Introduction to Studi Hukum Konstitusi (1885). . Pilar ini
adalah, pertama, prinsip kedaulatan
Parlemen , dan, kedua, supremasi
hukum . berarti bahwa Parlemen adalah
badan tertinggi pembuat undang-undang: Kisah nya adalah sumber hukum tertinggi
Inggris.. Yang terakhir adalah ide bahwa semua hukum dan pemerintah tindakan
sesuai dengan prinsip dasar dan tak berubah tertentu.. Prinsip-prinsip
fundamental tersebut mencakup penerapan hukum yang sama
: semua orang sama di depan hukum dan tidak ada orang berada di atas hukum,
termasuk mereka yang berkuasa.
Menurut
doktrin kedaulatan parlemen, Parlemen bisa lewat setiap undang-undang yang
keinginan.sebaliknya,
di negara-negara dengan konstitusi dikodifikasi, legislatif biasanya dilarang
lewat undang-undang yang bertentangan bahwa konstitusi: perubahan konstitusi
prosedur khusus yang lebih sulit dari itu untuk reguler. undang-undang
mengharuskan [5]
Ada
banyak Kisah Parlemen yang memiliki arti
penting konstitusional.Sebagai contoh, Parlemen memiliki kekuasaan untuk
menentukan panjang istilah sendiri. Kekuatan ini yang terakhir digunakan selama
Perang
Dunia II untuk memperpanjang masa hidup
para parlemen 1935
secara bertahap sampai 1945. Namun,
Penguasa tetap memiliki kekuatan untuk membubarkan parlemen setiap saat atas
saran Perdana Menteri.. Parlemen juga memiliki kekuatan untuk mengubah susunan
rumah konstituen dan hubungan antara mereka. Contohnya meliputi House
of Lords Act 1999 yang mengubah
keanggotaan House of Lords, dengan Parlemen
Kisah 1911 dan 1949 yang mengubah hubungan
antara House of Commons dan House of Lords, dan Undang-Undang
Reformasi 1832 yang membuat perubahan
besar terhadap sistem yang digunakan untuk memilih anggota House of Commons.
Kekuatan
diperpanjang ke Parlemen termasuk kekuasaan untuk menentukan garis
suksesi tahta Inggris .. Kekuatan ini yang
terakhir digunakan untuk melewati Mulia
Deklarasi pelepasan Act 1936
, yang memberikan pengaruh yang konstitusional terhadap pelepasan Edward VIII
dan dihapus salah satu keturunan diduga dari suksesi. Parlemen juga memiliki
kekuasaan untuk menghapus atau mengatur kekuasaan eksekutif Penguasa.
House
of Commons terdiri dari 650 anggota yang dipilih oleh rakyat dari daerah
pemilihan anggota tunggal di bawah masa pertama pasca
sistem. House of Lords terdiri dari 26 uskup dari Gereja
Inggris ( Lords
Spiritual ), 92 wakil terpilih dari rekan-rekan turun-temurun
, dan beberapa ratus teman sebaya hidup
. Kekuasaan untuk mencalonkan uskup dari Gereja Inggris, dan untuk menciptakan
rekan-rekan turun-temurun dan hidup, dilaksanakan oleh Sovereign atas saran
Perdana Menteri.. Oleh Parlemen
Kisah 1911 dan 1949 undang-undang dapat,
dalam keadaan tertentu, diteruskan tanpa persetujuan dari House of Lords.
Meskipun undang-undang semua harus menerima persetujuan Sovereign ( Royal
persetujuan ), ada Penguasa telah
menahan persetujuan tersebut sejak 1708.
Setelah
aksesi Inggris untuk Masyarakat
Ekonomi Eropa (sekarang Uni
Eropa ) pada tahun 1972, Inggris menjadi
terikat oleh hukum Eropa
dan yang lebih penting, prinsip supremasi hukum Uni Eropa
. Menurut prinsip ini, yang telah digariskan oleh Pengadilan
Eropa pada tahun 1964 dalam kasus Costa v. ENEL
, hukum-hukum negara anggota yang bertentangan dengan hukum Uni Eropa harus
disapplied oleh 'pengadilan negara-negara anggota.. Konflik antara
prinsip-prinsip keunggulan hukum Uni Eropa dan supremasi parlemen digambarkan
dalam penghakiman di v
Sunderland Thoburn City Council
, [7]
yang berpendapat bahwa Undang-undang Komunitas
Eropa 1972 , UU yang memprakarsai
keterlibatan Inggris di Uni Eropa, bisa tidak implisit dicabut
hanya dengan berlalunya undang-undang selanjutnya tidak konsisten dengan hukum
Eropa. Pengadilan melangkah lebih jauh dan menyarankan bahwa Undang-Undang 1972
merupakan bagian dari suatu kategori khusus "undang-undang
konstitusional" yang tidak tunduk untuk mencabut tersirat. Hal ini
pengecualian doktrin pencabutan tersirat adalah sesuatu hal yang baru, meski
pengadilan menyatakan bahwa itu tetap terbuka bagi Parlemen untuk secara tegas
mencabut Undang-Undang. Hal ini secara politik tak terbayangkan pada saat ini
bahwa Parlemen akan melakukannya, dan pengacara konstitusional juga
mempertanyakan apakah langkah tersebut akan sesederhana efek hukum karena akan
terlihat. Penghakiman Thoburn diturunkan hanya oleh Pengadilan Divisi
(bagian dari Pengadilan Tinggi
), yang menempati tingkat yang relatif rendah dalam sistem hukum.
House
of Commons saja memiliki kekuatan untuk melewati mosi tidak percaya
pada pemerintah, yang mengharuskan Pemerintah baik untuk mengundurkan diri atau
mencari pemilihan segar (lihat di bawah). Semacam mosi tidak memerlukan bagian
oleh Lords, atau Royal persetujuan.
Mekanisme
Konstitusional demokrasi Parlementer Inggris
Pemerintah Negara Inggris telah banyak
memberikan sumbangan kepada peradapan dunia, dan konsep-konsep pemikiran yang
paling besar adalah sumbangan terhadap hak asasi manusia dan lembaga-lembaga
demokrasi. Oleh sebab itu, pemerintah Inggreis dikenal sebagi induknya
parlementeria(mother of parliament). Pada pemerintahan parlementer, kedaulatan
berada di tangan rakyat(parliament sovereignty)
Ciri-ciri
pemerintahn parlementer adalah sebagai berikut:
1.
Kekuasaan legislative (DPR/Parlemen) lebih kuat daripada kekuatan
eksekutif(Pemerintah = Perdana Mentri)
2.
Menteri-menteri (cabinet) harus mempertanggungjawabkan semua tindakannya kepada
DPR. Ini berarti cabinet harus mendapat kepercayaan (mosi) dari parlemen.
3.
Program-progran kebijakan kabinet harus disesuaikan dengan atujuan politik
sebagaian anggota parlemen. Bila cabinet melakukan penyimpangan terhadap
program kebijakan yang dibuat, anggota parlemen dapat menjatuhkan cabinet
dengan memberikan mosi tidak percaya kepada pemerintah.
4.
Kedudukan kepala negara(raja, ratu, pangeran, atau kaisar) hanya sebagai
lambing atau symbol yang tidak dapat diganggu gugat.
Lembaga-lembaga
kenegaraan Inggris.
Raja atau ratu sebagai pemegang tahta
kerajaan hanya berfungsi dalam segi-segi pemerintahan yang bersifat
seremonial(keupacaraan). Ratu harus memberi persetujuan resmi terhadap
undang-undang yang telah disahkan oleh parlemen, tetapi ia tidak boleh
menyatakan pendapat tentang undang-undang itu secara terbuka. Ratu juga
bertanggung jawab atas penunjukan perdana menteri dan pembubaran parlemen
sebelum masa pemilihan.
Kekuasaan
dan hak-hak istimewa raja/ratu sebenarnya tergantung pada perdana menteri dan
kabinetnya. Menteri-menteri cabinet berasal dari partai mayoritas dalam majelis
rendah(house of commons). Sedangkan raja/ratu secara otomatis menduduki jabatan
warisan dalam Majelis Tinggi(house of lords).
1.
Badan eksekutif(white-hall)
Terdiri dari raja/ratu yang tidak dapat
diganggu gugat(simbolis), dan kekuasaan sesungguhnya ada pada Perdana Menteri.
Tugas
Pokok:
Pemegang
kekuasaan eksekutif ada pada perdana menteri yang mencangkup antara lain:
1.
Memimpin kabinet yang para anggotanya dipilihnya sendiri.
2.
Membimbing Majelis Rendah.
3.
Menjadi penghubung dengan raja/ratu.
Sumber kostitusi
Inggris
Kisah
Parlemen
Kisah Parlemen
adalah hukum ( undang-undang
) yang telah mendapat persetujuan dari Parlemen
- yaitu, Penguasa, dalam House
of Lords dan House of Commons
. Pada kesempatan langka, House of Commons menggunakan "Parlemen Kisah
Para Rasul" (dalam UU Parlemen 1911
dan UU Parlemen 1949
) untuk lulus undang-undang tanpa persetujuan dari House of Lords. Hal ini
pernah terjadi di zaman modern untuk Sovereign untuk menolak persetujuan untuk
tagihan, meskipun kemungkinan itu dimaksud oleh George V
sehubungan dengan sengit kontroversial UU
Pemerintah Irlandia 1914 .
Kisah Parlemen adalah salah satu
sumber yang paling penting dari konstitusi. Menurut pandangan tradisional,
Parlemen memiliki kemampuan untuk mengatur tetapi keinginan tentang apa itu
keinginan. Sebagai contoh, sebagian besar undang-undang ikonik abad pertengahan
yang dikenal sebagai Magna
Carta telah dicabut sejak 1828, meskipun
sebelumnya yang dianggap sebagai keramat. Ini secara tradisional kasus bahwa
pengadilan dilarang mempertanyakan Undang-Undang
Parlemen , sebuah prinsip yang dapat
ditelusuri kembali ke masa abad pertengahan. Di sisi lain, prinsip ini belum
tanpa pembangkang dan kritikus atas berabad-abad, dan sikap para pihak
pengadilan di daerah ini dapat berubah.
Satu konsekuensi dari prinsip kedaulatan
parlemen adalah bahwa tidak ada hirarki
antara Kisah Parlemen: semua undang-undang parlemen, pada prinsipnya, validitas
sama dan efektifitas. Namun, penghakiman Tuhan Keadilan Hukum
dalam Thoburn
kasus pada tahun 2002 menunjukkan bahwa mungkin ada kelas khusus dari
"undang-undang konstitusional" seperti Magna
Carta di Human
Rights Act 1998 , maka Undang-undang
Komunitas Eropa 1972 , dengan UU Persatuan
dan Bill of right yang memiliki status
lebih tinggi daripada undang-undang lainnya. Ini bagian dari penghakiman-Nya
adalah " dicta
"(yaitu tidak mengikat) - dan, memang, adalah kontroversial. Masih harus
dilihat apakah ajaran akan diterima oleh hakim lainnya.
Perjanjian
Perjanjian
tidak, pada ratifikasi, otomatis menjadi dimasukkan ke dalam hukum Inggris.
Penting perjanjian telah dimasukkan ke dalam hukum domestik dengan cara Kisah
Parlemen. Para Konvensi
Eropa tentang Hak Asasi Manusia
memiliki, misalnya, hingga batas tertentu telah dimasukkan ke dalam hukum
nasional melalui Hak
Asasi Manusia Act 1998 .
Perjanjian Uni 1707 adalah penting dalam
menciptakan negara kesatuan yang ada saat ini. perjanjian itu antara pemerintah
Inggris dan Skotlandia dan diberlakukan oleh dua Kisah Union yang disahkan oleh
Parlemen Inggris dan Skotlandia, masing-masing. bersama dengan Kisah
berikutnya, dibawa ke dalam keberadaan Kerajaan Britania Raya, menyatukan
Kerajaan Inggris dan Kerajaan Skotlandia.
Hukum
Uni Eropa
Pada satu analisis, hukum Uni Eropa
hanyalah sebuah subkategori hukum internasional yang tergantung untuk efek pada
serangkaian perjanjian internasional (khususnya Perjanjian Roma
dan Perjanjian
Maastricht ). Oleh karena itu
berpengaruh di Inggris hanya sejauh bahwa Parlemen izin untuk berpengaruh,
melalui undang-undang seperti Undang-undang
Komunitas European 1972 , dan DPR
dapat, sebagai masalah hukum Inggris, unilaterally bar penerapan hukum Uni
Eropa di Inggris hanya dengan aturan-aturan hukum itu.
Pada satu analisis, yang pertama
kali otoritatif diartikulasikan oleh Pengadilan
Eropa dalam kasus 1963 dari Van
Gend en Loos , hukum Uni Eropa
merupakan rezim hukum baru yang secara kualitatif berbeda dari bentuk lain dari
hukum internasional dan yang diutamakan di atas hukum internal dan
konstitusional pengaturan negara anggota. Pada pandangan ini, gagasan bahwa
Parlemen secara sepihak bisa mengatur "sebagai masalah hukum Inggris"
untuk menarik Inggris dari lingkup hukum Uni Eropa adalah ketinggalan zaman dan
tidak nyata
Dalam hal
apapun, keanggotaan Uni Eropa Inggris telah memiliki dampak yang sangat besar
terhadap konstitusi dan tata negara. Dalam Factortame
litigasi, misalnya, House of Lords mengambil langkah yang belum pernah terjadi
sebelumnya pemberian perintah untuk "disapply" Undang-undang Parlemen
(dalam Merchant
Shipping Act 1988 ).
Hukum
Umum
Britania Raya menggunakan common
law sistem hukum (kecuali di Skotlandia
dimana beberapa hukum perdata
yang didirikan, lihat Skotlandia
hukum ) dan keputusan pengadilan juga
sering membentuk sumber konstitusi: secara umum, putusan pengadilan yang lebih
tinggi bentuk preseden atau hukum kasus mengikat pengadilan yang
lebih rendah dan hakim.
pengadilan
penilaian penting historis termasuk yang di Kasus
pernyataan , yang uang
Kapal kasus dan Entick v. Carrington
, yang semuanya dikenakan batasan pada kekuasaan eksekutif.
Sebuah preseden
konstitusional yang berlaku untuk koloni Inggris Campbell v. Hall
, yang secara efektif diperpanjang keterbatasan yang konstitusional yang sama
untuk setiap wilayah yang telah diberikan majelis perwakilan.
Konvensi
Konstitusi inggris adalah hasil
perkembangan konvensi yang berlangsung lambat dan bukan produk penemuan yang
disengaja, yang dihasilkan dar sebuah teori seperti konstitusi lainnya.walaupun
perkembangannya bukan hasil sebuah teori, konstitusi Inggris telah menjadi
titik tolak pemikiran politik. meskipun orang lain (seperti Konvensi
Salisbury ) tanggal dari dalam memori hidup.
konvensi tersebut, yang meliputi tugas Penguasa untuk bertindak atas saran atau
menterinya, tidak dilaksanakan secara formal di pengadilan
, melainkan terutama diamati "karena kesulitan politik yang timbul jika
mereka tidak.
Karya otoritas
Pekerjaan
otoritas adalah nama formal untuk
karya-karya yang kadang-kadang disebut sebagai interpretasi dari aspek
konstitusi Inggris. Kebanyakan karya yang ditulis oleh-atau awal abad kedua
puluh konstitusionalis kesembilan belas, khususnya tidak
pasti AV , Walter
Bagehot dan Erskine Mei
.
Perselisihan
tentang sifat Konstitusi Inggris
Sarjana hukum Eric
Barendt berpendapat bahwa sifat uncodified
konstitusi Kerajaan Serikat tidak berarti tidak harus ditandai sebagai
"konstitusi", tetapi juga mengklaim bahwa kurangnya efektif pemisahan
kekuasaan , dan fakta bahwa kedaulatan
parlemen memungkinkan Parlemen untuk
menolak hak-hak dasar, membuat ke batas tertentu 'fasad' konstitusi.
Dalam satu
artikel, Scarman
menyajikan argumen yang bersemangat untuk konstitusi tertulis untuk Inggris,
tetapi masih mengacu pada kompromi 1688
dan tindakan yang dihasilkan parlemen sebagai konstitusi.
"pemilih
secara politik berdaulat," dan Parlemen secara hukum berdaulat. Barendt
berpendapat bahwa pihak disiplin yang lebih besar politik di House of Commons, dan penurunan dalam
bentuk cek pada kekuasaan pemerintahan , telah menyebabkan kuat pemerintah
berlebihan yang tidak dibatasi oleh hukum hak-hak fundamental ketaatan. Sebuah
konstitusi akan menentukan batasan pada apa Parlemen dapat melakukannya tanpa
mayoritas hukum. Untuk saat ini, Parlemen Inggris tidak memiliki batasan pada
kekuatan selain kemungkinan tindakan ekstra-parlementer (oleh orang) dan
negara-negara berdaulat lainnya (sesuai dengan perjanjian yang dibuat oleh
Parlemen dan sebaliknya).
Pendukung konstitusi dikodifikasi
berpendapat itu akan memperkuat perlindungan hukum demokrasi dan kebebasan.
Sebagai advokat yang kuat dari "konstitusi tak tertulis", tidak pasti
disorot bahwa hak bahasa Inggris telah tertanam dalam bahasa Inggris umum hukum
umum kebebasan pribadi, dan "
lembaga-lembaga dan perilaku bangsa ". penentang konstitusi tertulis
berpendapat bahwa negara tidak didasarkan pada dokumen pendiri yang menceritakan
warganya siapa mereka dan apa yang bisa mereka lakukan. “Ada juga keyakinan
bahwa setiap pelanggaran yang tidak beralasan pada semangat kewenangan
konstitusional akan kaku ditentang oleh orang Inggris, persepsi yang diuraikan
oleh hakim Amerika abad ke-19 Keadilan Bradley
dalam perjalanan memberikan pendapatnya dalam kasus terdengar di Louisiana pada
tahun 1873 : "Inggris tidak memiliki konstitusi tertulis, itu benar,
tetapi memiliki satu tidak tertulis, beristirahat di diakui, dan sering
menyatakan, hak istimewa parlemen dan rakyat, untuk melanggar yang secara
signifikan akan menghasilkan sebuah revolusi dalam satu jam.
Pewarisan
Reformasi
sejak tahun 1997 telah terdesentralisasi Inggris oleh pengaturan diserahkan Parlemen
Skotlandia dan majelis di Wales
dan Irlandia Utara
.. Inggris dibentuk sebagai negara
kesatuan , meskipun
Skotlandia dan Inggris mempertahankan sistem hukum yang terpisah. Beberapa
komentator. telah
menyatakan Inggris sekarang menjadi "quasi- federal
"negara: hanya" semu "federal, karena (tidak seperti komponen
lain dari Inggris) Inggris tidak memiliki legislatif sendiri, dan secara
langsung memerintah dari Westminster (jasad diserahkan tidak berdaulat dan
bisa, paling tidak secara teori, akan dicabut oleh Parlemen - tidak seperti
"benar" federasi seperti Amerika
Serikat di mana konstituen kedaulatan
negara berbagi dengan pemerintah federal).. Upaya untuk memperpanjang
devolusi ke berbagai daerah di Inggris telah macet, dan kenyataan bahwa
Parlemen berfungsi baik sebagai Inggris dan sebagai legislatif Inggris
telah menciptakan ketidakpuasan beberapa (lihat, sebagai contoh, artikel pada
" pertanyaan
Lothian West ").
Reformasi
konstitusional
|
|
Para
Buruh
pemerintah di bawah masa lalu- Perdana Menteri
Tony
Blair menetapkan reformasi konstitusi di
akhir 1990-an dan awal-untuk-pertengahan tahun 2000-an. Penggabungan efektif
dari Konvensi
Eropa tentang Hak Asasi Manusia
ke dalam hukum Inggris melalui Hak
Asasi Manusia Act 1998 telah memberikan warga
negara tertentu hak-hak positif
dan diberi peradilan beberapa kekuatan untuk menegakkan mereka. Pengadilan
dapat memberikan tekanan pada DPR untuk mengamandemen undang-undang
utama yang bertentangan dengan UU
melalui " Deklarasi dari Ketidaksesuaian
"- tetapi hanya sebagai penasehat karena DPR tidak terikat untuk mengubah
hukum juga tidak bisa membatalkan undang-undang peradilan apapun - dan dapat
menolak untuk menegakkan, atau "strike down", setiap tidak sesuai undang-undang sekunder
. Setiap tindakan aparat pemerintah yang melanggar hak-hak Konvensi adalah
ilegal kecuali jika diamanatkan oleh Undang-undang Parlemen. Reformasi ini
telah merongrong konsep kedaulatan Parlemen agak, meskipun DPR masih bisa
menghapuskan majelis didelegasikan dan pencabutan Hak Asasi Manusia
Undang-Undang. Pada kenyataannya tindakan tersebut tidak mungkin jadi ini
pembatasan terhadap kekuasaan legislatif Parlemen cenderung untuk tetap berada
pada buku undang-undang untuk sementara waktu. . Perubahan terbaru juga
termasuk Undang-Undang
Reformasi Konstitusi 2005 yang mengubah
struktur House of Lords untuk memisahkan peradilan dan legislatif fungsinya.
Misalnya, yudikatif dan fungsi eksekutif legislatif dari Kanselir
Tuhan sekarang dibagi antara Kanselir
Tuhan (eksekutif), Tuhan Ketua Mahkamah
(pengadilan) dan menciptakan tulisan yang baru dari Tuhan
Speaker (legislatif).
BAB III
PENUTUP
3.1. kesimpulan
Inggris yang sisitem pemerintahannya yang parlementer
yang apabila di dalam parlemen dan perdana mentri saling tidak percaya maka
anatar mereka dapat saling menjatuhkan. Sejarah membuktikan Inggris yang
memiliki begitu banyak sumber konstitusi yang berlaku di Inggris diantaranya
ada konvensi, perjanjian, hukum umum, pewarisan dll.membuat inggris tidak
begitu kaku mengikuti peraturan yang ada karena dapat disesuaikan dengan
perkembangan zaman yang ada.
Di Inggris pun
telah mengalami reformasi konstitusi yang memungkinkan Inggris tidak terlalu
kaku megikutinya.
DAFTAR PUSTAKA
hhtp://wikipedia.com
ilmu
negara, Etin Sholehatin., 2010.
Thanks yah infonya :)
BalasHapuskeren artikelnya (y) Izin copas yaa gan :) buat tugas nih hehe :) makasih sebelumnya ;)
BalasHapusJelek. Bahasanya aneh
BalasHapus