SILABUS
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Ibu
: Aslidar
I.
Tujuan dan
Kegunaan Mata Pelajaran Perencanaan Pembelajaran.
1.
Pendapat para
ahli
Ø Pengertian
pendidikan adalah menghantarkan anak menjadi manusia dewasa bertanggung jawab terhadap
diri dan lingkungan.
Ø Tujuan
dan Kegunaan perencanaan pengajaran:
1. Supaya
rencana pembelajaran sesuai dengan tujuan perencanaan pengajaran, sehingga
tujuan tercapai.
2. Efektif
dan efisien.
3. Supaya
Sistematis.
4. Supaya
tidak tumpang tindih
5. Menghindarkan
kendala-kendala.
2.
Siapa saja yang
terlibat dalam rencana pembelajaran.
Ø Yang
berperan dalam rencana pembelajaran:
1. Negara. 4. Pemuka Adat.
2. Guru 5. Siswa/ Peserta didik.
3. Cendekiawan.
II.
Langkah-langkah
dalam pembikinan perencanaan pembelajaran.
A. Aturan
pembelajaran perencanaan :
1. Kurikulum
Adalah seperangkat rencana pengaturan
mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang dibenarkan sebagai acuan dalam
perencanaan belajar dan mengajar.
2. Lingkungan
Kelas.
Idealnya 22 orang/ siswa.
3. Siswa
/ Peserta didik.
Superaktif, siswa menjadi pedoman
penyusunan pembelajaran.
4. Bahan
Ajar ( Pelajaran )
Sumber-sumber ( para pakar, buku,
perpustakaan, guru, dll. )
5. Hukum
Pelajar / Belajar.
6. Hukum
Kesediaan.
Pelajar / peserta didik harus bersedia
belajar.
7. Hukum
Latihan.
Evaluasi dari pelajaran.
8. Hukum
Akibat.
9. Flexibilitas.
Kemampuan untuk menyampaikan gagasan
dalam suatu suasana.
III. Corak
Perencanaan Pengajaran.
Terdapat 3 corak menurut John Searles :
1. Corak
pelajaran : Jangka Panjang
2. Corak
Unik : lima minggu, empat minggu.
3. Corak
Harian : Satu kali pertemuan.
Ketiga
corak tersebut saling berkaitan dan berhubungan.
IV. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistim.
Sistim adalah menggabungkan cara-cara
untuk mencapai tujuan.
Salah satu sistim yang dipakai antara
lain ;
1. Dengan
sistim konsep dan,
2. Dengan
sistim Prinsip.
V.
Prosedur
Pengajaran
A.Belajar
dan motivasi.
1. Para
ahli mencoba mengembangkan berbagai teori tentang belajar, meliputi:
·
Disiplin mental
·
Displin
psikologi
·
Disiplin
pikiran, kognitif
·
Disiplin
Humanisme, Behavioristik.
2. Cara
memotivasi siswa belajar
a) Hubungan
pengajaran dengan pengalaman para siswa.
b) Hubungan
pengajaran dengan minat dan nilai siswa.
B. Pengajaran Konsep dan Prinsip.
Konsep adalah suatu kelas atau kategori
stimulus yang memiliki ciri umum.
Prinsip adalah kombinasi berbagai
konsep.
Kegunaan prinsip
dan konsep
a) Bisa
mengatasi kesulitan lingkungan.
b) untuk
mengembangkan proses belajar berikutnya.
c) Mengatasi
kesulitan yang akan datang.
d) Memakai
instrumen.
e) Menjelaskan
dua hal yang berbeda dan bertentangan.
f) Memperluas
hal yang baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar