Halaman

Rabu, 25 April 2012

silabus dalam RPP


SILABUS PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Ibu : Aslidar

I.               Tujuan dan Kegunaan Mata Pelajaran Perencanaan Pembelajaran.

1.         Pendapat para ahli

Ø  Pengertian pendidikan adalah menghantarkan anak menjadi manusia dewasa bertanggung jawab terhadap diri dan lingkungan.

Ø  Tujuan dan Kegunaan perencanaan pengajaran:

1.      Supaya rencana pembelajaran sesuai dengan tujuan perencanaan pengajaran, sehingga tujuan tercapai.

2.      Efektif dan efisien.

3.      Supaya Sistematis.

4.      Supaya tidak tumpang tindih

5.      Menghindarkan kendala-kendala.

2.         Siapa saja yang terlibat dalam rencana pembelajaran.

Ø  Yang berperan dalam rencana pembelajaran:

1.      Negara.                 4. Pemuka Adat.

2.      Guru                     5. Siswa/ Peserta didik.

3.      Cendekiawan.

II.         Langkah-langkah dalam pembikinan perencanaan pembelajaran.

A.      Aturan pembelajaran perencanaan :

1.      Kurikulum

Adalah seperangkat rencana pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang dibenarkan sebagai acuan dalam perencanaan belajar dan mengajar.

2.      Lingkungan Kelas.

Idealnya 22 orang/ siswa.

3.      Siswa / Peserta didik.

Superaktif, siswa menjadi pedoman penyusunan pembelajaran.

4.      Bahan Ajar ( Pelajaran )

Sumber-sumber ( para pakar, buku, perpustakaan, guru, dll. )

5.      Hukum Pelajar / Belajar.

Pelajar harus lebih aktif. Misal : Stimulus dan respon dari guru.

6.      Hukum Kesediaan.

Pelajar / peserta didik harus bersedia belajar.

7.      Hukum Latihan.

Evaluasi dari pelajaran.

8.      Hukum Akibat.

9.      Flexibilitas.

Kemampuan untuk menyampaikan gagasan dalam suatu suasana.

III.    Corak Perencanaan Pengajaran.

Terdapat 3 corak menurut John Searles :

1.      Corak pelajaran : Jangka Panjang

2.      Corak Unik        : lima minggu, empat minggu.

3.      Corak Harian     : Satu kali pertemuan.

Ketiga corak tersebut saling berkaitan dan berhubungan.

IV.    Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistim.

Sistim adalah menggabungkan cara-cara untuk mencapai tujuan.

Salah satu sistim yang dipakai antara lain ;

1.      Dengan sistim konsep dan,

2.      Dengan sistim Prinsip.

V.         Prosedur Pengajaran

A.Belajar dan motivasi.

1.      Para ahli mencoba mengembangkan berbagai teori tentang belajar, meliputi:

·         Disiplin mental

·         Displin psikologi

·         Disiplin pikiran, kognitif

·         Disiplin Humanisme, Behavioristik.

2.      Cara memotivasi siswa belajar

a)      Hubungan pengajaran dengan pengalaman para siswa.

b)      Hubungan pengajaran dengan minat dan nilai siswa.

B.  Pengajaran Konsep dan Prinsip.

Konsep adalah suatu kelas atau kategori stimulus yang memiliki ciri umum.

Prinsip adalah kombinasi berbagai konsep.

*      Kegunaan prinsip dan konsep

a)      Bisa mengatasi kesulitan lingkungan.

b)      untuk mengembangkan proses belajar       berikutnya.

c)      Mengatasi kesulitan yang akan datang.

d)     Memakai instrumen.

e)      Menjelaskan dua hal yang berbeda dan bertentangan.

f)       Memperluas hal yang baru.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar