Halaman

Kamis, 04 Oktober 2012

PKn dan IKN


1.       Benang merah atau hubungan antara demokrasi, supremasi hukum, otonomi daerah dan goodgavernance adalah dari kesemuanya mengharapkan atau menuju kepada kesejahteraan rakyat suatu negara.
2.       Demokrasi yang sedang digunakan oleh Indonesia adalah demokrasi yang dikuasai oleh kekuatan rakyat yang tidak bertanggung jawab, banyaknya pemilu dan aksi demo masyarakat Indonesia yang tidak bertanggungjawab ini mencerminkan demokrasi yang tidak jelas yang sedang dianut. Sedangkan demokrasi liberal adalah demokrasi yang landasan fundamentalnya adalah kebebasan individu, demokrasi sosial adalah demokrasi yang menekankan kepada persamaan yang tidak adanya perbedaan dalam masyarakat namun tidakadanya kebebasaan mengemukaan pendapat, memiliki sesuatu sesuai selera, dll. Sedangkan demokrasi pancasila adalah yang merupakan cita-cita normatif dalam penyelenggaraan bernegara. Dengan kata lain, visi atau arah penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia adalah terwujudnya yang berketuhanan, yang berkemanusiaan, yang berkesatuan, yang berkerakyatan dan yang berkeadilan.sedangkan rakyat Indonesia saat ini belum sampai pada demokrasi pancasila yang sangat dielu-elukan .
3.       Dentitas nasional secara terminologis adalah suatu ciri yang dimiliki oleh suatu bangsa yang secara fisiologis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa lain.  Adapun suku bangsa, agama, kebudayaan, dan bahasa Indonesia menjadi identitas nasional karena hanya bangsa Indonesialah yang memiliki suku bangsa yang sangat plural, agama yang diyakini ada enam, kbudayaan yang sangat heterogen dan baha Indonesia yang menjadi bahasa kesatuan.
4.       Indonesia pernah menerapkan negara serikat pada masa RIS, pada sistem ini Indonersia dianggap gagal karen Indonesia adalah satu kewsatuan yang tidak bisa dipisahkan dan Indonesia tidak cukup mapan iuntuk menerapkan negara serikat ini. Oleh karena itu pada masa pemerintahan gusdur dicobalah otonomi daerah yang dikarenakan wilayah-wilayah Indonesia memiliki keistimewaan dan keperluan yang berdeda-beda dengan wilayah yang lain.
5.        Ideologi pancasila adalah nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi cita-cita normatif bagi penyelenggaraan bernegara. Dengan kata lain visi atau arah penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia adalah terwujudnya kehidupan yang berketuhanan Yang Maha Esa, yang berkemanusiaan, yang berkeastuan, yang berkerakyatan, dan yang berkeadilan.



1.       Pendidikan karakter penting bagi bangsa Indonesia karena kondisi Indonesia pada saaat ini sangatlah memprihatinkan, banyaknya pelajar yang terlibat kasus narkoba, freesex, tawuran yang seperti saya lihat di Jalan Utan Kayu, dll. Kondisi in sangatlah mencemaskan mengingat pemuda dan pelajar adalah generasi penerus bangsa yang sangat diharapakan perbaikannya bagi negara. Menurut UU no 20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional pasal 3 yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka menmcerdaskan kehidupan bangsa. Jadi pendidikan karakter penting untuk masa kini dan yang akan datang untuk membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara dalam kancah nasional maupun internasional.
2.       Mungkin saja demokrasi di Indonesia bisa berhasil jika masyarakat Indonesia sendiri  mengapresiasikan suaranya dengan bertanggungjawab. Menurut J.J. Rosseau demokrasi akan berhasi jika memenuhi equal ( persamaan ) dan freedom ( kebebasan ). Maksudnya persamaan disini adalah persamaan dalam hukum, dan mendapatkan hak dan kewajiban. Dan kebebasan yang dimaksud adalah kebebasan mengemukaan pendapat, dll. Pada saat ini bangsa Indonesia berdalih telah melakukan demokrasi secara benar, namun adanya pemilu dan aksi demonstrasi yang berujung kerusung itu belumlah dikatakan demokrasi. Demokrasi telah tercapai jika telah memenuhi unsur menurut Rosseau tsb secara bertanggungjawab.
3.       Nilai @ sesuatu yang dianggap baik oleh sekelompok individu/masyarakat contoh : percaya adanya Tuhan
Norma @ petunjuk tingkah laku dalam suatu masyarakat dan merupakan penjabaran nilai contoh : menjauhi laranganNya.
Moral @ kebiasaan dan kelakuan suatu masyarakat yang harus diikuti dan jika tidak akan mendapat sanksi dari masyarakat contoh : bertingkah laku yang baik.
4.       Paham-paham yang pernah tumbuh di Indonesia dalam masa pencarian ideologi yang cocok untuk Indonesia adalah :
-Paham agama, dikarenakan agama islam adalah agama mayoritas di Indonesia maka tumbuhlah paham agama yang harus menjadi ideologi bangsa, ini ditandai dengan adannya SDI ( Serekat Dagang Islam ). Namun, paham ini tidak bertahan lama karena adanya perpecahan SI kanan dan SI kiri
-paham liberal, ini ditandai dengan adanya Indsche Partij yang didirikan oleh mahasiswa yang telah belajar di Negeri Belanda yang menginginkan Indonesia menganut paham ini seperti negara-negara maju yang mereka lihat. Paham ini tidak bertahan karena dirasakan tidak sesuai dengan bangsa kita.
-paham sosialis, paham ini dicetuskan oleh PKI ( Partai Komunis Indonesia ) yang awalnya merupakan perpecahan dari SI ( Serekat Islam ) kiri. Paham ini sempat tertanam kuat di Indonesia namun akhirnya tumbang juga karena tidak pantas bagi bangsa kita.
-paham ideologi pancasila, ditandai dengan adanya pidato Soekarno tanggal 1 juni 945 idelogi kita adalah pancasila yang digali dari peradaban bangsa Indonesia dari beratus-rastus tahun yang jaya pada massa majapahit. Maka pancasila lah yang menjadi ideologi kita karena pas untuk masyarakat kita.
5.  pada masa orde baru pancassila diwajibkan pada mata pelajaran seluruh jenjang pendidikanitu dikarenakan untuk pemurnian pancasila yang dipaksakan dan mendompleng imagenya di depan masyaraka Indonesia pada saat itu. Sedangkan Pkn diwajibkan pada saati ini, ini sesuai dengan UU no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional serta surat keputusan DIKTI Nomor 43/DIKTI/Kep/2006 bahwa mata pelajaran yang diwajibkan di seluruh jenjang pendidikan adalah pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia. Pkn diwajibkan bertujuan untuk pengembangan kepribadian, yang mengandung pengenalan identitas nasional, mengetahui hak dan kewajiban serta muatan makna pendahuluan bela negara ( Mansoer, 2005 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar